Abstract:
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari tiga
siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII E semester 2 SMP Negeri 40
Purworejo tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan
data menggunakan metode observasi dan tes. Instrumen yang digunakan berupa lembar
observasi keaktifan belajar siswa dan tes formatif. Teknik analisis data menggunakan
teknik analisis deskriptif komparatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar pada siswa kelas VII E
semester 2 SMP Negeri 40 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012 terus mengalami
peningkatan yang ditandai dengan peningkatan keaktifan belajar klasikal siswa dari
siklus I ke siklus II, yaitu dari 45,71% menjadi 62,86%, dan dari siklus II ke siklus III,
yaitu dari 62,86% menjadi 77,14%. Selain itu, prestasi belajar siswa juga terus
mengalami peningkatan yang ditandai dengan peningkatan rerata nilai siswa dan
ketuntasan belajar klasikal siswa dari data awal ke siklus I yaitu rerata nilai siswa dari
45,43 menjadi 49,14 dengan ketuntasan belajar klasikal siswa dari 8,57% menjadi
25,71%, dari siklus I ke siklus II, yaitu rerata nilai siswa dari 49,14 menjadi 63,43
dengan ketuntasan belajar klasikal siswa dari 25,71% menjadi 54,29%, dan dari siklus
II ke siklus III, yaitu rerata nilai siswa dari 63,43 menjadi 72,14 dengan ketuntasan
belajar klasikal siswa dari 54,29% menjadi 80,00%.