Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BULUSPESANTREN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Show simple item record

dc.contributor.author Oktaviani, Rima
dc.date.accessioned 2018-02-21T08:47:04Z
dc.date.available 2018-02-21T08:47:04Z
dc.date.issued 2012
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3505
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik dari model pembelajaran konvensional pada pokok bahasan bangun ruang; (2) apakah motivasi belajar tinggi memberikan prestasi matematika yang lebih baik dari motivasi belajar sedang dan rendah pada pokok bahasan bangun ruang; (3) apakah ada interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan bangun ruang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 2 Buluspesantren tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari lima kelas dengan jumlah siswa sebanyak 159 siswa. Sampel dalam penelitian berjumlah 64 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes prestasi belajar dan angket motivasi belajar. Uji prasarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas variansi menggunakan uji Bartlett. Analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, kemudian tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji Scheffe. Uji analisis variansi memberikan hasil Fa = 11,144, Fb = 11,356, Fab = 0,424, sedangkan DK untuk Fa adalah = {F | F > F0,05;1,58} = {F | F > 4,008}, DK untuk Fb adalah = {F | F > F0,05;2,58} = {F | F > 3,158}, dan DK untuk Fab adalah = {F | F > F0,05;2,58} = {F | F > 3,158} artinya H0A ditolak; H0B ditolak; H0AB diterima, hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik dari model pembelajaran konvensional pada pokok bahasan bangun ruang, motivasi belajar tinggi memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik dari motivasi belajar sedang dan rendah pada pokok bahasan bangun ruang, tetapi motivasi belajar sedang tidak memberikan prestasi belajar yang lebih baik dari motivasi belajar rendah pada pokok bahasan bangun ruang, serta tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan bangun ruang. en_US
dc.publisher Matematika/FKIP en_US
dc.subject model pembelajaran TGT, motivasi belajar, prestasi belajar en_US
dc.title EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BULUSPESANTREN TAHUN PELAJARAN 2011/2012 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account