Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi
belajar bangun ruang sisi datar melalui pembelajaran kooperatif tipe think pair
share siswa kelas VIII-E semester II SMP Negeri 1 Kutowinangun tahun
pelajaran 2011/2012.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-E semester II SMP Negeri 1
Kutowinangun tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 40 siswa. Teknik
pengumpulan data dengan metode observasi dan metode tes. Instrumen yang
digunakan berupa lembar observasi aktivitas belajar siswa dan soal tes. Setelah
data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase.
Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan
pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan aktivitas dan
prestasi belajar bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII-E semester II SMP
Negeri 1 Kutowinangun tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini dilihat dari rerata
persentase aktivitas belajar siswa kelas VIII-E semester II SMP Negeri 1
Kutowinangun tahun pelajaran 2011/2012 sebesar 51,67% pada siklus I
meningkat menjadi 78,75% pada siklus II sehingga memenuhi indikator yaitu
minimal rerata 70%. Pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal
siswa kelas VIII-E semester II SMP Negeri 1 Kutowinangun tahun pelajaran
2011/2012 sebesar 70% dengan rerata nilai 71 dan juga meningkat menjadi 90%
dengan rerata nilai 81,88 pada siklus II sehingga memenuhi indikator yaitu
persentase ketuntasan belajar klasikal mencapai ≥ 75% dengan nilai KKM 60.