Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar
matematika siswa yang dikenai metode NHT (Numbered Heads Together) lebih
baik dibandingkan siswa yang dikenai metode ceramah pada pokok bahasan
bangun datar segitiga siswa kelas VII SMP Negeri 26 Purworejo tahun ajaran
2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 26 Purworejo yang berjumlah 7
kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling.
Sampel dalam penelitian berjumlah 2 kelas yang terdiri dari kelas eksperimen dan
kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah
instrumen tes prestasi belajar matematika. Instrumen diujicobakan sebelum
digunakan untuk pengambilan data. Validitas instrument tes diuji dengan korelasi
product- moment memakai angka kasar dan reliabilitas tes diuji dengan KR-20.
Data awal penelitian ini adalah nilai ulangan akhir semester I. selanjutnya
dilakukan uji keseimbangan dengan uji t. diperoleh bahwa kedua kelas berasal
dari populasi yang memiliki kemampuan awal yang sama (seimbang). Setelah
kelas eksperimen diberi perlakuan dengan metode pembelajaran NHT (Numbered
Heads Together) dan kelas kontrol diberi pembelajaran matematika dengan
metode caramah, kedua kelas diberi tes prestasi belajar matematika pokok
bahasan bangun datar segitiga.
Hasil tes prestasi belajar siswa tersebut di lakukan uji normalitas dan uji
homogenitas variansi, diperoleh kedua kelas tersebut normal dan homogen.
Selanjutnya dilakukan uji hipotesis. Uji hipotesis dalam penelitian ini
menggunakan uji , diperoleh = 3.398 > 1.672 = sehingga
ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa yang dikenai metode
pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) lebih baik di bandingkan dengan
prestasi belajar siswa yang dikenai metode ceramah pada pokok bahasan bangun
datar segitiga siswa kelas VII SMP Negeri 26 Purworejo tahun ajaran 2011/2012.