Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

EKSPERIMENTASI METODE PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR SEGITIGA KELAS VII SMP NEGERI 26 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2011/2012

Show simple item record

dc.contributor.author Anindhita, Ageng Puspa
dc.date.accessioned 2018-02-21T08:55:58Z
dc.date.available 2018-02-21T08:55:58Z
dc.date.issued 2012
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3512
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa yang dikenai metode NHT (Numbered Heads Together) lebih baik dibandingkan siswa yang dikenai metode ceramah pada pokok bahasan bangun datar segitiga siswa kelas VII SMP Negeri 26 Purworejo tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 26 Purworejo yang berjumlah 7 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Sampel dalam penelitian berjumlah 2 kelas yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrumen tes prestasi belajar matematika. Instrumen diujicobakan sebelum digunakan untuk pengambilan data. Validitas instrument tes diuji dengan korelasi product- moment memakai angka kasar dan reliabilitas tes diuji dengan KR-20. Data awal penelitian ini adalah nilai ulangan akhir semester I. selanjutnya dilakukan uji keseimbangan dengan uji t. diperoleh bahwa kedua kelas berasal dari populasi yang memiliki kemampuan awal yang sama (seimbang). Setelah kelas eksperimen diberi perlakuan dengan metode pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) dan kelas kontrol diberi pembelajaran matematika dengan metode caramah, kedua kelas diberi tes prestasi belajar matematika pokok bahasan bangun datar segitiga. Hasil tes prestasi belajar siswa tersebut di lakukan uji normalitas dan uji homogenitas variansi, diperoleh kedua kelas tersebut normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji 􀀆, diperoleh 􀀆􀀈􀀉􀀊 = 3.398 > 1.672 = 􀀆􀀕􀀖􀀉􀀗􀀘 sehingga 􀀙􀀚 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa yang dikenai metode pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) lebih baik di bandingkan dengan prestasi belajar siswa yang dikenai metode ceramah pada pokok bahasan bangun datar segitiga siswa kelas VII SMP Negeri 26 Purworejo tahun ajaran 2011/2012. en_US
dc.publisher Matematika/FKIP en_US
dc.subject Numbered Heads Together, prestasi belajar matematika, bangun datar segitiga en_US
dc.title EKSPERIMENTASI METODE PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR SEGITIGA KELAS VII SMP NEGERI 26 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2011/2012 en_US
dc.type Thesis en_US
ο»Ώ

Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account