Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui apakah prestasi belajar matematika
siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan metode reciprocal teaching lebih baik
dibandingkan siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan metode ceramah materi
kubus dan balok pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Kebumen tahun
pelajaran 2011/2012.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP
Muhammadiyah 1 Kebumen tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri atas 5 kelas.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik
cluster random sampling. Dari 5 kelas yang ada, diambil acak sebanyak dua kelas
sebagai sampel yang masing-masing berjumlah 34 siswa. Satu kelas sebagai kelas
eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Sedangkan kelas uji coba digunakan
kelas lain yang bukan sampel tapi dalam populasi. Instrumen pengumpulan data
menggunakan metode dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan uji-t pihak kanan.
Dari hasil uji coba instrumen digunakan 35 soal pilihan ganda dengan hasil
perhitungan untuk daya pembeda dan indeks kesukaran mendapatkan soal yang di
terima berjumlah 18 soal. Hasil perhitungan validitasnya diperoleh 0.79 termasuk
kategori tinggi, sedangkan reliabilitasnya diperoleh 0.72 termasuk kategori tinggi.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: siswa yang mendapatkan pembelajaran
dengan metode reciprocal teaching memperoleh rata-rata = 78.27; standar deviasi =
14.14; nilai terendah = 50; nilai tertinggi = 100. Sedangkan siswa yang mendapatkan
pembelajaran dengan metode ceramah memperoleh rata-rata = 69.89; standar deviasi
= 10.58; nilai terendah = 39; nilai tertinggi = 83. Hasil perhitungan uji hipotesis
dengan uji-t (t - test) pihak kanan terhadap hasil tes prestasi belajar diperoleh thitung =
2.72. Dengan dk = 64 dan α = 0.05 diperoleh nilai ttabel = 1.66. Karena thitung > ttabel
berarti Ho di tolak sehingga dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika
pada materi kubus dan balok siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Kebumen yang
mendapat pembelajaran dengan metode reciprocal teaching lebih baik dari pada
siswa yang mendapat pembelajaran dengan metode ceramah.