Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) menghasilkan
prestasi belajar matematika yang lebih baik dari metode ekspositori pada materi
bangun ruang siswa kelas V SD se-gugus Pangeran Diponegoro tahun pelajaran
2011/2012.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD se-gugus
Pangeran Diponegoro tahun pelajaran 2011/2012, yang terdiri dari 10 SD. Sampel
diambil dengan teknik cluster random sampling terdiri dari dua kelas dari dua SD
yang berjumlah 43 siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama 7 bulan, yang
dimulai pada bulan Januari 2011 sampai dengan bulan Juli 2012. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan metode dokumentasi
dan metode tes.
Dari pengolahan data diperoleh rerata untuk kelas eksperimen adalah
75,583 dengan standar deviasi 10,023, sedangkan rerata untuk kelas kontrol
adalah 66,90 dengan standar deviasi 16,913. Dari hasil pengolahan juga diketahui
bahwa data berdistribusi normal dan juga homogen. Kemudian untuk perhitungan
hipotesis dengan uji t, diperoleh nilai = 2,475 dan =1,681 pada taraf
signifikan 0,05. Karena > atau 2,475 >1,681 maka dapat ditarik
kesimpulan bahwa H diterima atau H ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa
model pembelajaran kooperatif tipe TPS menghasilkan prestasi belajar
matematika yang lebih baik dari metode ekspositori pada materi bangun ruang
siswa kelas V SD se-gugus Pangeran Diponegoro tahun pelajaran 2011/2012.