Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

EKSPERIMENTASI METODE DISCOVERY DAN METODE THINK-PAIR-SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN ANALOGI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 26 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Show simple item record

dc.contributor.author Kuswati
dc.date.accessioned 2018-02-21T09:12:58Z
dc.date.available 2018-02-21T09:12:58Z
dc.date.issued 2012
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3527
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian untuk mengetahui: (1) apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar prisma dan limas tegak melalui metode pembelajaran discovery dan TPS; (2) apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar prisma dan limas ditinjau dari kemampuan penalaran analogi matematis siswa; (3) apakah terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan penalaran analogi matematis siswa terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar prisma dan limas tegak. Populasi penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Purworejo. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling dan diambil dua kelas eksperimen. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah instrumen hasil belajar dan instrumen kemampuan analogi matematis. Uji prasyarat analisis menggunakan metode Lillifors untuk uji normalitas, metode Barllet untuk uji homogenitas dan uji keseimbangan dengan uji t. Dengan = 0,05 diperoleh sampel memenuhi syarat. Dari hasil analisis data dengan uji anava dua jalan dengan sel tak sama dan = 0,05 diperoleh (1) ada perbedaan hasil belajar matematika antara metode TPS dan discovery karena = 72,53733, = { | > 4,05}, H0 ditolak. Karena rataan marginal = 48 > 39,5119 = , sehingga hasil belajar metode TPS lebih baik daripada hasil belajar metode discovery, (2) tidak ada perbedaan hasil belajar matematika siswa ditinjau dari kemampuan analogi matematis karena = 0,155956, = { | < 3,20} H0 diterima, (3) tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dengan kemampuan analogi matematis karena = 0,785203, = { | < 3,20}H0 diterima en_US
dc.publisher Matematika/FKIP en_US
dc.subject metode pembelajaran Discovery, metode pembelajaran Think-Pair-Share (TPS), kemampuan analogi matematis, hasil belajar en_US
dc.title EKSPERIMENTASI METODE DISCOVERY DAN METODE THINK-PAIR-SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN ANALOGI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 26 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account