Abstract:
Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar
matematika siswa yang menggunakan Metode Pembelajaran Discovery lebih baik
dibandingkan dengan hasil belajar matematika yang mengunakan Metode
Pembelajaran Ekspositori pada pokok bahasan bangun ruang siswa kelas VIII
SMP Negeri 2 Karangsambung Tahun Pelajaran 2011/2012”. Penelitian ini
dilaksanakan selama 6 bulan dari bulan April 2012 sampai bulan Juli 2012.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini
adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Karangsambung Tahun Pelajaran
2011/2012 yang terdiri dari 4 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara
cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 siswa yang
terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen yang
digunakan untuk pengumpulan data adalah tes hasil belajar matematika. Validitas
instrumen tes diuji dengan teknik korelasi product moment berdasar kriterium, uji
prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji Barlett untuk uji
homogenitas. Dengan α = 0,05 diperoleh sampel berasal dari populasi yang
berdistribusi normal dan variansinya homogen. Uji hipotesis dalam penelitian
menggunakan uji t, dengan α = 0,05 menunjukkan ℎ = 2,042 > 1,67722 =
.
Hasil penelitian menunjukkan 0 ditolak berarti hasil belajar siswa yang
menggunakan metode pembelajaran discovery lebih baik dibandingkan dengan
hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran ekspositori pada
siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Karangsambung pada pokok bahasan bangun
ruang.