Abstract:
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah hasil belajar
matematika dengan menggunakan pendekatan PAKEM lebih baik daripada hasil
belajar matematika dengan menggunakan metode ceramah pada materi persegi dan
persegi panjang di SDN segugus Puntho Dewo kecamatan Petanahan tahun pelajaran
2011-2012.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN segugus Puntho
Dewo kecamatan Petanahan tahun pelajaran 2011-2012 yang terdiri dari tujuh SDN.
Sampel dalam penelitian berjumlah 46 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen dan
kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling.
Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes prestasi belajar
matematika siswa yang berbentuk pilihan ganda. Sebelum digunakan untuk
pengambilan data, instrumen terlebih dahulu diujicobakan. Validitas instrumen diuji
menggunakan product moment, reliabilitas instrumen diuji dengan rumus KR-20.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji hipotesis menggunakan uji t dengan
α = 0,05 menunjukkan tobs sebesar 1,84 lebih besar dari ttabel sebesar 1,65 sehingga H0
ditolak. Hasil penelitian menunjukkan prestasi belajar siswa pada materi persegi dan
persegi panjang yang menggunakan pendekatan PAKEM lebih baik daripada yang
menggunakan metode ceramah di SDN segugus Puntho Dewo kecamatan Petanahan
tahun pelajaran 2011-2012.