Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP SESUBRAYON LOANO DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA

Show simple item record

dc.contributor.author Ma'rufah, Nurotul
dc.date.accessioned 2018-02-21T09:24:56Z
dc.date.available 2018-02-21T09:24:56Z
dc.date.issued 2012
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3534
dc.description.abstract Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen semu. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMP se Subrayon loano tahun ajaran 2011/2012. Sampel sebanyak 2 kelas dengan jumlah 59 siswa. Pengambilan sampel secara cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes prestasi belajar. Uji coba instrumen dilaksanakan di SMP Negeri 19 Purworejo. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk data prestasi belajar matematika siswa dan dokumentasi untuk data kemampuan awal siswa yaitu nilai rata-rata ulangan harian semester 2. Teknik analisis data menggunakan anava dua jalan dengan sel tak sama. Sebagai persyaratan penelitian dilakukan uji keseimbangan dengan uji t, dan sebagai persyaratan analisis data dilakukan uji normalitas menggunakan metode Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan metode Bartlett. Dari uji anava dengan α 5% disimpulkan: (1) ada perbedaan hasil belajar kelas Jigsaw dengan kelas konvensional (Fobs = 14,1489 > 4,01 = Ftabel). Rataan marginal kelas Jigsaw = 54,38 > 41,8 = rataan marginal kelas konvensional, sehingga hasil belajar siswa kelas Jigsaw lebih baik dari kelas konvensional, (2) ada perbedaan hasil belajar siswa dengan kemampuan awal tinggi, rendah, dan sedang (Fobs = 25,2337 > 3,16 = Ftabel), (3) tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal siswa (Fobs = 0,4644 < 3,16 = Ftabel), Berdasarkan hasil uji komparasi ganda rataan antar kolom menggunakan metode Scheffe’ dengan α 5% diperoleh: (1) ada perbedaan hasil belajar siswa berkemampuan awal tinggi dan sedang (Fobs = 36,972 > 6,32 = Ftabel). Rataan marginal kemampuan awal tinggi = 64,49 > 41,61 = rataan marginal kemampuan awal sedang, sehingga hasil belajar siswa kemampuan awal tinggi lebih baik dari siswa kemampuan awal sedang. (2) ada perbedaan hasil belajar siswa kemampuan awal tinggi dengan siswa kemampuan awal rendah (Fobs = 34,379 > 6,32 = Ftabel). Rataan marginal kemampuan awal tinggi = 64,49 > 38,18 = rataan marginal kemampuan awal rendah, sehingga hasil belajar siswa kemampuan awal tinggi lebih baik dari kemampuan awal rendah. (3) tidak ada perbedaan hasil belajar siswa kemampuan awal sedang dan kemampuan awal rendah en_US
dc.publisher Matematika/FKIP en_US
dc.subject Jigsaw, Konvensional, Kemampuan awal siswa, Hasil belajar en_US
dc.title EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP SESUBRAYON LOANO DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account