dc.description.abstract |
bahasan garis singgung lingkaran.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU
Pituruh, Kabupaten Purworejo tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari lima
kelas. Sampel dalam penelitian berjumlah 62 siswa yang terdiri dari kelas
eksperimen dan kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster
random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes
hasil belajar matematika siswa. Sebelum digunakan untuk pengambilan data,
instrumen terlebih dahulu diujicobakan. Validitas instrumen diuji menggunakan
validitas butir soal, reliabilitas instrumen diuji dengan rumus KR-20.
Uji prasyarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji
Lilliefors dan uji homogenitas variansi menggunakan uji Bartlett. Dengan α =
0,05 diperoleh sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Uji
hipotesis menggunakan uji t dengan α = 0,05 menunjukkan thitung sebesar 4,693
lebih besar dari ttabel sebesar 1,671 sehingga H0 ditolak. Hal ini berarti hasil
belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih
baik daripada hasil belajar siswa yang menggunakan metode ceramah pada sub
pokok bahasan garis singgung lingkaran kelas VIII MTs Ma’arif NU Pituruh,
Kabupaten Purworejo tahun pelajaran 2011/2012. |
en_US |