Abstract:
Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah: (1) hasil belajar matematika
siswa yang mendapat pembelajaran Quantum Teaching lebih baik dari siswa yang
mendapat pembelajaran ceramah; (2) hasil belajar matematika siswa yang
memiliki EQ tinggi lebih baik dari siswa yang memiliki EQ rendah; (3) apakah
pada pembelajaran Quantum Teaching siswa yang mempunyai EQ tinggi lebih
baik hasil belajarnya daripada siswa yang mempunyai EQ rendah; (4) pada
pembelajaran ceramah siswa yang mempunyai EQ tinggi lebih baik hasil
belajarnya daripada siswa yang mempunyai EQ rendah; (5) hasil belajar siswa
yang mempunyai EQ tinggi diajar dengan Quantum Teaching lebih baik daripada
siswa yang mempunyai EQ tinggi diajar dengan ceramah; (6) hasil belajar siswa
yang mempunyai EQ rendah diajar dengan Quantum Teaching lebih baik daripada
siswa yang mempunyai EQ rendah diajar dengan ceramah.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian
semua siswa kelas VII MTs N Klirong. Teknik pengambilan sampel dilakukan
secara cluster random sampling. Sampel penelitian ada 2 kelas yaitu kelas
eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data ada 2 yaitu instrumen
tes hasil belajar dan angket EQ. Uji prasyarat analisis data awal menggunakan uji
normalitas, homogenitas dan keseimbangan. Uji prasyarat analisis data akhir
menggunakan uji normalitas dan homogenitas.
Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji t dengan = 0.05, dapat
disimpulkan: (1) hasil belajar matematika siswa yang mendapat pembelajaran
Quantum Teaching lebih baik dari siswa yang mendapat pembelajaran ceramah;
(2) hasil belajar matematika siswa yang memiliki EQ tinggi lebih baik dari siswa
yang memiliki EQ rendah; (3) pada pembelajaran Quantum Teaching siswa yang
mempunyai EQ tinggi lebih baik hasil belajarnya daripada siswa yang mempunyai
EQ rendah; (4) pada pembelajaran ceramah siswa yang mempunyai EQ tinggi
lebih baik hasil belajarnya daripada siswa yang mempunyai EQ rendah; (5) hasil
belajar siswa yang mempunyai EQ tinggi diajar dengan Quantum Teaching lebih
baik daripada siswa yang mempunyai EQ tinggi diajar dengan ceramah; (6) hasil
belajar siswa yang mempunyai EQ rendah diajar dengan Quantum Teaching tidak
lebih baik daripada siswa yang mempunyai EQ rendah diajar dengan ceramah
pada materi persegi panjang dan persegi siswa kelas VII MTs N Klirong Tahun
Pelajaran 2011/2012.