Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATERI PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI EMOTIONAL QUOTIENT (EQ) SISWA KELAS VII MTS N KLIRONG TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Show simple item record

dc.contributor.author Triyani
dc.date.accessioned 2018-02-22T02:19:15Z
dc.date.available 2018-02-22T02:19:15Z
dc.date.issued 2012
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3542
dc.description.abstract Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah: (1) hasil belajar matematika siswa yang mendapat pembelajaran Quantum Teaching lebih baik dari siswa yang mendapat pembelajaran ceramah; (2) hasil belajar matematika siswa yang memiliki EQ tinggi lebih baik dari siswa yang memiliki EQ rendah; (3) apakah pada pembelajaran Quantum Teaching siswa yang mempunyai EQ tinggi lebih baik hasil belajarnya daripada siswa yang mempunyai EQ rendah; (4) pada pembelajaran ceramah siswa yang mempunyai EQ tinggi lebih baik hasil belajarnya daripada siswa yang mempunyai EQ rendah; (5) hasil belajar siswa yang mempunyai EQ tinggi diajar dengan Quantum Teaching lebih baik daripada siswa yang mempunyai EQ tinggi diajar dengan ceramah; (6) hasil belajar siswa yang mempunyai EQ rendah diajar dengan Quantum Teaching lebih baik daripada siswa yang mempunyai EQ rendah diajar dengan ceramah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian semua siswa kelas VII MTs N Klirong. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Sampel penelitian ada 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data ada 2 yaitu instrumen tes hasil belajar dan angket EQ. Uji prasyarat analisis data awal menggunakan uji normalitas, homogenitas dan keseimbangan. Uji prasyarat analisis data akhir menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji t dengan  = 0.05, dapat disimpulkan: (1) hasil belajar matematika siswa yang mendapat pembelajaran Quantum Teaching lebih baik dari siswa yang mendapat pembelajaran ceramah; (2) hasil belajar matematika siswa yang memiliki EQ tinggi lebih baik dari siswa yang memiliki EQ rendah; (3) pada pembelajaran Quantum Teaching siswa yang mempunyai EQ tinggi lebih baik hasil belajarnya daripada siswa yang mempunyai EQ rendah; (4) pada pembelajaran ceramah siswa yang mempunyai EQ tinggi lebih baik hasil belajarnya daripada siswa yang mempunyai EQ rendah; (5) hasil belajar siswa yang mempunyai EQ tinggi diajar dengan Quantum Teaching lebih baik daripada siswa yang mempunyai EQ tinggi diajar dengan ceramah; (6) hasil belajar siswa yang mempunyai EQ rendah diajar dengan Quantum Teaching tidak lebih baik daripada siswa yang mempunyai EQ rendah diajar dengan ceramah pada materi persegi panjang dan persegi siswa kelas VII MTs N Klirong Tahun Pelajaran 2011/2012. en_US
dc.publisher Matematika/FKIP en_US
dc.subject Quantum Teaching, EQ dan hasil belajar en_US
dc.title EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATERI PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI EMOTIONAL QUOTIENT (EQ) SISWA KELAS VII MTS N KLIRONG TAHUN PELAJARAN 2011/2012 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account