Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi mana yang lebih baik
antara kelas yang diberi perlakuan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe
Jigsaw II atau dengan pembelajaran ekspositori pada materi pokok diferensial
pada siswa kelas XI IS SMA N 1 Prembun tahun pelajaran 2011/2012 yang dilihat
dari hasil belajar matematika siswa, yang diharapkan dapat menjadi rujukan bagi
para guru yang ingin menerapkan strategi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IS SMA N 1 Prembun.
Dengan teknik cluster random sampling dipilih dua kelas sebagai sampel
penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan metode
tes kemudian dilakukan analisis untuk merumuskan hasil penelitian. Pada akhir
pembelajaran kedua kelas sampel diberi tes akhir dengan menggunakan instrumen
yang sama yang telah diuji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya
pembedanya. Metode tes dilakukan untuk memperoleh data nilai akhir setelah
diberi perlakuan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, data analisis
dengan uji normalitas, uji kesamaan dua varians, dan uji hipotesis menggunakan
uji t.
Berdasarkan uji t (uji pihak kanan) dengan n1 = 36, n2 = 36, taraf
signifikansi 5%, diperoleh thitung = 3.241 > ttabel = 1.6669. sedangkan dengan
melihat nilai rata-rata dari kedua kelompok dimana rerata kelas eksperimen =
71.94 dan rata-rata kelas kontrol = 62.36, kesimpulan sebagai berikut: strategi
pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II memberikan prestasi belajar yang lebih
baik dari pada pembelajaran ekspositori pada materi pokok diferensial pada siswa
kelas XI IS SMA N 1 Prembun tahun pelajaran 2011/2012.