Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

STUDI EKSPERIMEN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP PRESTASI BELAJAR POKOK BAHASAN SEGIEMPAT SISWA KELAS VII SEMESTER II SMP NEGERI 4 GOMBONG 2011/2012

Show simple item record

dc.contributor.author Wirasti, Ade Ayu
dc.date.accessioned 2018-02-22T02:32:36Z
dc.date.available 2018-02-22T02:32:36Z
dc.date.issued 2012
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3544
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa yang mendapat pembelajaran dengan model pembelajaran TAI lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pada pokok bahasan Segiempat materi persegi panjang dan persegi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII semester II SMP Negeri 4 Gombong yang terdiri 8 kelas dengan jumlah seluruhnya 274 siswa. Sehingga dari populasi mempunyai kesempatan yang sama untuk dipilih menjadi sampel dengan dilakukan secara acak. Sampel penelitian ini sebanyak 64 siswa yang terbagi dari kelas VII G sebagai kelas eksperimen berjumlah 32 siswa dan kelas VII H sebagai kelas kontrol berjumlah 32 siswa dengan menggunakan cluster random sampling. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan pemberian tes pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam bentuk tes pilihan ganda. Dengan jumlah soal sebanyak 22 butir didapatkan rata-rata nilai hasil tes kelas eksperimen adalah 77,27 dan nilai hasil tes kelas kontrol adalah 70,88. Uji prasyarat analisis dalam penelitian ini menggunakan uji Lilliefors untuk uji normalitas dan uji Bartlett untuk uji homogenitas. Dengan 􀗟 = 0,05 diperoleh sampel berasal dari distribusi normal dan variansinya homogen. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t. Dari penelitian diperoleh thitung = 1,797 dan ttabel = t(0,05)(62) = 1,645, untuk 􀗟 = 0,05. Jadi thitung > ttabel maka H0 ditolak, artinya kelompok prestasi belajar siswa dari kelas eksprimen (VII G) lebih baik daripada kelompok prestasi belajar siswa dari kelas kontrol (VII H). Dengan demikian dalam penelitian ini, kelompok prestasi belajar siswa yang mendapat pembelajaran dengan model pembelajaran TAI lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pada pokok bahasan segiempat materi persegi panjang dan persegi siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Gombong en_US
dc.publisher Matematika/FKIP en_US
dc.subject pembelajaran, TAI, prestasi belajar en_US
dc.title STUDI EKSPERIMEN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP PRESTASI BELAJAR POKOK BAHASAN SEGIEMPAT SISWA KELAS VII SEMESTER II SMP NEGERI 4 GOMBONG 2011/2012 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account