dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar
siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative
Integrated Reading and Composition) dengan alat peraga lebih baik dibanding
model pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI SMK Wongsorejo
Gombong tahun pelajaran 2011/2012.
Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMK Wongsorejo
Gombong tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari sepuluh kelas. Sampel
dalam penelitian ini adalah dua kelas, yaitu kelas XI MA sebagai kelas
eksperimen dan kelas XI MB sebagai kelas kontrol. Teknik sampling yang
digunakan adalah cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk
mengumpulkan data yaitu tes prestasi belajar matematika siswa. Sebelum
digunakan untuk pengambilan data, instrumen terlebih dahulu diujicobakan.
Validitas instrumen diuji menggunakan korelasi product moment dengan angka
kasar, reliabilitas instrumen diuji dengan rumus KR-20.
Uji prasarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan
uji Lillifors, uji homogenitas variansi menggunakan uji Bartlett, dan uji
keseimbangan menggunakan uji-t. Dengan α = 0,05 diperoleh sampel berasal dari
populasi yang berdistribusi normal, variansinya homogen, dan kedua kelompok
berkemampuan seimbang. Uji hipotesis menggunakan uji-t dengan α = 0,05
menunjukkan tobs sebesar 3,8378 lebih besar dari ttabel sebesar 1,67 sehingga H0
ditolak ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran
kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition)
menggunakan alat peraga dengan model pembelajaran konvensional terhadap
prestasi belajar matematika siswa pada materi peluang. Dari rataan marginalnya,
nilai mean pada model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative
Integrated Reading and Composition) dengan alat peraga diperoleh 70,56,
sedangankan nilai mean pada model pembelajaran konvensional diperoleh 61,25.
Sehingga model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated
Reading and Composition) dengan alat peraga menghasilkan prestasi belajar
matematika yang lebih baik dibanding model pembelajaran konvensional pada
siswa kelas XI SMK Wongsorejo Gombong tahun pelajaran 2011/2012. |
en_US |