Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DENGAN ALAT PERAGA MATERI PELUANG PADA SISWA KELAS XI SMK WONGSOREJO GOMBONG TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Show simple item record

dc.contributor.author Sasongko, Anggi
dc.date.accessioned 2018-02-22T02:38:02Z
dc.date.available 2018-02-22T02:38:02Z
dc.date.issued 2012
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3545
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dengan alat peraga lebih baik dibanding model pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI SMK Wongsorejo Gombong tahun pelajaran 2011/2012. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMK Wongsorejo Gombong tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari sepuluh kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas, yaitu kelas XI MA sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MB sebagai kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes prestasi belajar matematika siswa. Sebelum digunakan untuk pengambilan data, instrumen terlebih dahulu diujicobakan. Validitas instrumen diuji menggunakan korelasi product moment dengan angka kasar, reliabilitas instrumen diuji dengan rumus KR-20. Uji prasarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji Lillifors, uji homogenitas variansi menggunakan uji Bartlett, dan uji keseimbangan menggunakan uji-t. Dengan α = 0,05 diperoleh sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal, variansinya homogen, dan kedua kelompok berkemampuan seimbang. Uji hipotesis menggunakan uji-t dengan α = 0,05 menunjukkan tobs sebesar 3,8378 lebih besar dari ttabel sebesar 1,67 sehingga H0 ditolak ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) menggunakan alat peraga dengan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika siswa pada materi peluang. Dari rataan marginalnya, nilai mean pada model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dengan alat peraga diperoleh 70,56, sedangankan nilai mean pada model pembelajaran konvensional diperoleh 61,25. Sehingga model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dengan alat peraga menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik dibanding model pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI SMK Wongsorejo Gombong tahun pelajaran 2011/2012. en_US
dc.publisher Matematika/FKIP en_US
dc.subject eksperimentasi, CIRC, alat peraga en_US
dc.title EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DENGAN ALAT PERAGA MATERI PELUANG PADA SISWA KELAS XI SMK WONGSOREJO GOMBONG TAHUN PELAJARAN 2011/2012 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account