Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dan prestasi
belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Model
pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw ini diterapkan pada materi bangun ruang sisi
datar, yaitu kubus, balok, limas, dan prisma.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan selama 3 siklus yang masing-masing siklus
terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini
dilakukan di SMP Negeri 2 Adimulyo siswa kelas VIIIB Tahun pelajaran
2011/2012 yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan 3
metode, yaitu metode observasi, metode tes, dan metode angket. Setelah data
terkumpul, data dianalisis dengan menggunakan rumus rerata dan persentase.
Dari hasil analisis data diperoleh bahwa hasil keaktifan belajar siswa pada
siklus I rerata skor keaktifan belajar siswa sebesar 83,90 dengan ketuntasan klasikal
55,17%; pada siklus II rerata skor keaktifan belajar siswa mencapai 85,17 dengan
ketuntasan klasikal 65,52%; dan pada siklus III rerata skor keaktifan belajar siswa
mencapai 86,55 dengan ketuntasan klasikal 82,76%. Sedangkan rerata prestasi
belajar siswa pada siklus I mencapai 66,90 dengan ketuntasan klasikal 66,96%
kemudian pada siklus II mencapai 69,83 dengan ketuntasan klasikal 82,75% dan
pada siklus III sudah mencapai 78,79 dengan ketuntasan klasikal 89,65%. Ini berarti
keaktifan belajar siswa dan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Jadi,
model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw ini dapat meningkatkan keaktifan
belajar siswa dan prestasi belajar di kelas VIIIB SMP Negeri 2 Adimulyo tahun
pelajaran 2011/2012 pada materi bangun ruang sisi datar.