Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa yang
mendapat pembelajaran dengan model pembelajaran koperatif tipe STAD lebih baik
daripada prestasi belajar siswa yang mendapat pembelajaran dengan model
pembelajaran kooperatif tipe TAI pada materi kubus dan balok.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2
Kutowinangun yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah seluruhnya 248 siswa. Sampel
penelitian ini terdiri dari 2 kelas dan pengambilan sampel menggunakan teknik
cluster random sampling, kelas VIII C sebagai kelas eksperimen 1 (STAD)
berjumlah 29 siswa dan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen 2 (TAI) berjumlah 30
siswa. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan pemberian tes prestasi
belajar pada kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 dalam bentuk tes pilihan
ganda yang telah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas.
Dalam penelitian ini, uji hipotesis menggunakan uji t dan diperoleh
tobs = -0,0432 dan ttabel = t(0,05)(57) = 1,645. Jadi tobs< ttabel maka H0 diterima. Dengan
demikian dalam penelitian ini, prestasi belajar siswa yang mendapat pembelajaran
dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD tidak lebih baik dibandingkan
dengan prestasi belajar siswa yang mendapat pembelajaran dengan model
pembelajaran kooperatif tipe TAI pada materi kubus dan balok pada siswa kelas VIII
SMP Negeri 2 Kutowinangun