Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS DAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA MATERI KUBUS DAN BALOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KUTOWINANGUN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Show simple item record

dc.contributor.author Patri, Grahita Dwi Rina
dc.date.accessioned 2018-02-22T07:09:47Z
dc.date.available 2018-02-22T07:09:47Z
dc.date.issued 2012
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3581
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa yang mendapat pembelajaran dengan model pembelajaran koperatif tipe STAD lebih baik daripada prestasi belajar siswa yang mendapat pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada materi kubus dan balok. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kutowinangun yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah seluruhnya 248 siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas dan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, kelas VIII C sebagai kelas eksperimen 1 (STAD) berjumlah 29 siswa dan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen 2 (TAI) berjumlah 30 siswa. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan pemberian tes prestasi belajar pada kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 dalam bentuk tes pilihan ganda yang telah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Dalam penelitian ini, uji hipotesis menggunakan uji t dan diperoleh tobs = -0,0432 dan ttabel = t(0,05)(57) = 1,645. Jadi tobs< ttabel maka H0 diterima. Dengan demikian dalam penelitian ini, prestasi belajar siswa yang mendapat pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD tidak lebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar siswa yang mendapat pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada materi kubus dan balok pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kutowinangun en_US
dc.publisher Matematika/FKIP en_US
dc.subject Student Teams Achievement Divisions (STAD), Team Assisted Individualization (TAI), Prestasi belajar. en_US
dc.title EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS DAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA MATERI KUBUS DAN BALOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KUTOWINANGUN TAHUN PELAJARAN 2011/2012 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account