Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran
ematika dengan menggunakan model pembelajaran
ons (STAD) lebih baik daripada pembelajaran matema
Think, Pairs, Share pada pokok
san Persegi Panjang dan Persegi kelas VII semester 2 S
11/2012. Penelitian ini merupakan penelitian e sperim
siswa kelas VII SMP Salaman 1953 tahun
jaran 2011/2012 yang terdiri dari 3 kelas. Teknik pengambil
kukan secara cluster random sampling. Setelah dilakukan teknik pengambilan
el diperoleh 2 kelas sampel yaitu kelas VII B sebagai kelas pembelajaran
D dan ke;as VII C sebagai kelas pembelajaran TPS. Instru en y
matematika berbentuk pilihan ganda. Instrumen tes diujicobakan sebelum
digunakan untuk pengambilan data. Validitas instrumen tes dilakukan dengan
ditas kriterium, dalam arti memiliki kesejajaran antara hasil te ters
an kriterium. Reliabilitas tes diuji dengan rumus KR-20.
Uji prasyarat analisis adalah uji normalitas dengan uji Lillief
ogenitas dengan uji bartlett. Dengan = 0.05 diperoleh sampel b rasal
ulasi berdistribusi normal dan variansinya homogen. Uji hipo sis y
satu pihak yaitu pihak kanan dengan uji-t. Denga
0.05 menunjukkan thitung = 3,485 > 1.645 = ttabel berarti hasil be jar s
materi persegi panjang dan persegi dengan menggunak n m
belajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) lebih
daripada pembelajaran matematika dengan menggunak m
belajaran Think, Pairs