Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Ekperimentasi Model Pembelajaran CTL Pada Materi Menghitung Luas Permukaan Kubus, Balok, Prisma, dan Limas Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 22 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012.

Show simple item record

dc.contributor.author Suharmoko, Slamet
dc.date.accessioned 2018-02-22T07:26:14Z
dc.date.available 2018-02-22T07:26:14Z
dc.date.issued 2012
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3585
dc.description.abstract Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, sampel terdiri dari dua kelas. Penelitian ini bersifat ekperimental yang melibatkan variabel terikat berupa hasil belajar matematika siswa dan variabel bebas berupa model pembelajaran, yakni model pembelajaran CTL pada kelas eksperimen dan metode konvensional pada kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah mengambil nilai UAS sebagai data awal dan tes hasil belajar. Analisis uji hipotesis menggunakan uji-t dengan uji satu pihak yakni pihak kanan dengan 􀟙 = 5%. Diawal penelitian dilakukan pengambilan data pada kedua kelompok sampel data yang diambil yaitu nilai UAS. Data dari nilai UAS dilakukan Uji Keseimbangan dengan hasil tobs = -0,4420 dan t0,025;60 =1,960 berarti t obs tidak berada di daerah kritik. Uji normalitas dengan hasil kelas eksperimen L0,05;32 = 0,1566 Lobs = 0,14195 berarti Lobs tidak didaerah kritik dan kelas kontrol L0,05;30 = 0,161 Lobs = 0,1493 berarti Lobs tidak didaerah kritik. Uji homogenitas 􀟯2 0,05;1 = 3,841 􀟯2 obs= 1,514 berarti 􀟯2 tidak terletak di DK, maka dapat dikatakan kelas ekperimen dan kontrol seimbang, normal dan homogen. Setelah diberi perlakuan kemudian diberikan tes hasil belajar maka nilai hasil belajar diuji kembali dengan Uji normalitas dengan hasil kelas eksperimen L0,05;32 = 0,1566 Lobs = 0,0889 berarti Lobs tidak didaerah kritik, kelas kontrol dengan hasil L0,05;30 = 0,161 Lobs = 0,1064 berarti Lobs tidak didaerah kritik. Uji homogenitas dengan hasil 􀟯2 0,05;1 = 3,841 􀟯2 obs= 0,1121 berarti 􀟯2 tidak terletak di DK, maka dapat dikatakan kelas eksperimen dan kontrol normal, dan homogen. Dilihat dari hasil analisis uji-t diperoleh ttabel = 1,645 dan nilai tobs = 2,688. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran CTL lebih baik dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan metode konvensional di SMPN 22 Purworejo. en_US
dc.publisher Matematika/FKIP en_US
dc.subject Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran, CTL. en_US
dc.title Ekperimentasi Model Pembelajaran CTL Pada Materi Menghitung Luas Permukaan Kubus, Balok, Prisma, dan Limas Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 22 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account