Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar
matematika pada sub pokok bahasan persegi panjang dan persegi melalui
pendekatan TPS lebih baik dari pada metode konvensional dan untuk mengetahui
apakah motivasi belajar matematika pada sub pokok bahasan persegi panjang dan
persegi melalui pendekatan TPS lebih baik dari pada metode konvensional
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri
Kebumen 1 tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari delapan kelas dengan
jumlah siswa sebanyak 283 siswa. Sampel dalam penelitian berjumlah 72 siswa
yang terdiri dari 37 siswa pada kelas eksperimen dan 35 siswa pada kelas kontrol.
Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Instrumen
yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes hasil belajar matematika
siswa dan angket motivasi belajar siswa. Sebelum digunakan untuk pengambilan
data, instrumen terlebih dahulu diujicobakan. Validitas instrumen untuk tes hasil
belajar diuji dengan menggunakan validitas butir soal, reliabilitas instrumen diuji
dengan rumus KR-20. Sedangkan validitas instrumen untuk angket motivasi
belajar siswa menggunakan validitas isi.
Uji prasarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan
uji Lillifors dan uji homogenitas variansi menggunakan uji Bartlett. Dengan α =
0,05 diperoleh sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Uji
hipotesis pertama menggunakan nilai uji t (tobs) sebesar 2,02 dengan nilai tabel
t0.05;70 sebesar 1,668, dengan DK = {t|t> 1,668}. Sehingga H0 ditolak ini berarti
hasil belajar siswa melalui pendekatan TPS lebih baik daripada metode
konvensional pada sub pokok bahasan persegi panjang dan persegi. Uji hipotesis
kedua menggunakan uji t dengan α = 0,05 menunjukkan nilai uji t (tobs) sebesar
0,94 dengan nilai tabel t0.05;70 sebesar 1,668, dengan DK = {t|t> 1,668} sehingga
H0 diterima ini berarti penggunaan metode pembelajaran melalui pendekatan TPS
menghasilkan motivasi belajar yang tidak lebih baik daripada metode
konvensional pada sub pokok bahasan persegi panjang dan persegi di MTs Negeri
Kebumen 1.