Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada Materi Segiempat Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012

Show simple item record

dc.contributor.author Sundari
dc.date.accessioned 2018-02-22T07:32:48Z
dc.date.available 2018-02-22T07:32:48Z
dc.date.issued 2012
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3587
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran koopertif tipe Team Assisted Individualization (TAI) lebih baik dari pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada pokok bahasan segiempat sub materi persegi panjang dan persegi siswa kelas VII SMP Negeri 22 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 22 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling, sampel yang diperoleh ada dua kelas. Analisis uji hipotesis menggunakan uji-t dengan uji satu pihak yakni pihak kanan dengan menggunakan 􀟙 􀵌 5%. Diawal penelitian dilakukan pengambilan data pada kedua kelompok sampel data yang diambil yaitu nilai UAS. Data dari nilai UAS dilakukan Uji Keseimbangan dengan hasil thitung = -1,5161 dan t0,025;60 =1,960 berarti t obs tidak berada di daerah kritik. Uji normalitas dengan hasil kelas eksperimen L0,05;32 = 0,1566 Lobs = 0,12995 berarti Lobs tidak didaerah kritik dan kelas kontrol L0,05;32 = 0,1566 Lobs = 0,12035 berarti Lobs tidak didaerah kritik. Uji homogenitas 􀟯􀬶 0,05;1 = 3,841 􀟯􀯢􀯕􀯦 􀬶 = 2,918 berarti 􀟯􀬶 tidak terletak di DK, maka dapat dikatakan kelas ekperimen dan kontrol seimbang, normal dan homogen. Setelah diberi perlakuan kemudian diberikan tes hasil belajar maka nilai hasil belajar diuji kembali dengan Uji normalitas dengan hasil kelas eksperimen L0,05;32 = 0,1566 Lobs = 0,1239 berarti Lobs tidak didaerah kritik, kelas kontrol dengan hasil L0,05;31 = 0,1591 Lobs = 0,1371 berarti Lobs tidak didaerah kritik. Uji homogenitas dengan hasil 􀟯􀬶 0,05;1 = 3,841 􀟯􀯢􀯕􀯦 􀬶 = 0,616 berarti 􀟯􀬶 tidak terletak di DK dan uji hipotesis dengan hasil t0,05;61 = 1,645 tobs= 3,215 berarti 􀟯􀬶 tidak terletak di daerah DK. Jadi homogenitas diterima, maka dapat dikatakan kelas eksperimen normal dan homogen. Dilihat dari hasil analisis uji-t diperoleh ttabel = 1,645 dan nilai tobs= 3,215. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar matematika yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif Tipe TAI lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar matematika bagi siswa yang diajar menggunakan metode konvensional di SMPN 22 Purworejo. en_US
dc.publisher Matematika/FKIP en_US
dc.subject Model Pembelajaran Kooperatif, TAI, Hasil Pembelajaran en_US
dc.title Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada Materi Segiempat Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account