Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar
matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik
dibandingkan dengan prestasi belajar matematika siswa dengan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi luas permukaan bangun ruang
sisi datar.
Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sruweng
tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 223 siswa yang terbagi dalam 7 kelas.
Penelitian ini mengambil sampel dua kelas yaitu kelas VIII E sebagai kelas
eksperimen 1 dan kelas VIII F sebagai kelas eksperimen 2 yang diambil
menggunakan teknik stratified cluster random sampling. Metode pengumpulan
data yang digunakan adalah metode dokumentasi yang berupa data nilai
matematika pada ujian akhir semester ganjil tahun ajaran 2011/2012 dan metode
tes untuk data prestasi belajar matematika siswa pada materi luas permukaan
bangun ruang sisi datar.
Uji prasyarat analisis menggunakan uji Lilliefors untuk uji normalitas dan
uji homogenitas menggunakan uji Barlett. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t
dengan = 5% menunjukkan tobs=1,866 > 1,645= ttabel sehingga dapat disimpulkan
bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik dibandingkan dengan
model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII semester 2 SMP
Negeri 1 Sruweng tahun pelajaran 2011/2012 dengan materi luas permukaan
bangun ruang sisi datar.