Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION MATERI BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS VII SMP N 13 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Show simple item record

dc.contributor.author Setianingsih, Ika
dc.date.accessioned 2018-02-22T07:39:48Z
dc.date.available 2018-02-22T07:39:48Z
dc.date.issued 2012
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3589
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan metode Cooperative Learning tipe STAD lebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan metode konvensional materi keliling dan luas bangun datar segiempat pada siswa kelas VII SMP N 13 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 13 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari tujuh kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C sebagai kelas eksperimen sebanyak 34 siswa dan kelas VII A sebagai kelas kontrol sebanyak 34 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi yang berupa data nilai matematika pada ujian akhir semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012 dan metode tes untuk data prestasi belajar matematika siswa pada materi keliling dan luas bangun datar segiempat. Instrumen tes diuji cobakan sebelum digunakan untuk pengambilan data. Validitas tes di uji dengan rumus product moment, diperoleh nilai validitas sebesar 0,79 termasuk dalam korelasi tinggi, sedangkan reliabilitas tes diuji dengan rumus KR-20, diperoleh nilai 0,65 termasuk dalam kategori sedang. Dari perhitungan daya pembeda dan tingkat kesukaran, diperoleh soal yang diterima sebanyak 27 soal. Uji Prasyarat analisis menggunakan Uji Lilliefors untuk Uji Normalitas dan Uji Bartlett untuk Uji Homogenitas dengan 𝛼𝛼 = 5%. Uji Normalitas untuk kelas eksperimen menunjukkan 𝐿𝐿𝑜𝑜𝑜𝑜𝑜𝑜 = 0,1085 < 0,1520 = 𝐿𝐿𝑡𝑡𝑡𝑡 𝑏𝑏𝑏𝑏𝑏𝑏 , sedangkan Uji Normalitas untuk kelas kontrol menunjukkan 𝐿𝐿𝑜𝑜𝑜𝑜𝑜𝑜 = 0,104 < 0,1520 = 𝐿𝐿𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡. Berarti dapat disimpulkan bahwa data dari kedua kelas berdistribusi normal. Pengujian Homogenitas data pada kedua kelas menunjukkan nilai 𝜒𝜒2 𝑜𝑜𝑜𝑜𝑜𝑜 = 3,072 < 3,841 = 𝜒𝜒2 𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡, dengan demikian kedua sampel penelitian memiliki variansi yang sama (homogen). Uji Hipotesis menggunakan uji t dengan 𝛼𝛼 = 5% menunjukkan 𝑡𝑡𝑜𝑜𝑜𝑜𝑜𝑜 = 4,211 > 1,645 = 𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡, yang artinya prestasi belajar siswa yang menggunakan metode STAD lebih baik dibandingkan prestasi belajar siswa yang menggunakan metode konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan metode Cooperative Learning tipe STAD lebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan metode konvensional materi keliling dan luas bangun datar segiempat pada siswa kelas VII SMP N 13 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012. en_US
dc.publisher Matematika/FKIP en_US
dc.subject Prestasi Belajar, STAD, Konvensional en_US
dc.title EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION MATERI BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS VII SMP N 13 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012 en_US
dc.type Thesis en_US
ο»Ώ

Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account