Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KUTOWINANGUN MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR TAHUN PELAJARAN 2011/ 2012

Show simple item record

dc.contributor.author Maesaroh
dc.date.accessioned 2018-02-22T07:42:42Z
dc.date.available 2018-02-22T07:42:42Z
dc.date.issued 2012
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3590
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kutowinangun serta menyelidiki apakah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik daripada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kutowinangun. Populasi penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas VIII tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 195 siswa. Sampel diperoleh dengan mengambil dua kelas yaitu kelas eksperimen I berjumlah 34 siswa dan kelas eksperimen II berjumlah 32 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi berupa nilai UAS semester ganjil dan metode tes untuk data hasil belajar siswa pada materi prisma dan limas. Analisis data keefektifan model pembelajaran menggunakan acuan kriteria ketuntasan minimal yaitu 70 dengan menggunakan uji t (one sample t-test), sedangkan analisis perbedaan hasil belajar menggunakan uji t (independent sample test) Hasil perhitungan menunjukkan bahwa model TGT dan STAD efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar dengan ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 85,29% untuk model TGT sedangkan untuk model STAD ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 87,09%. Dan nilai uji t ( sebesar 2,068 dan nilai tabel sebesar 1,645, sehingga . Karena maka ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar prisma dan limas yang menggunakan model TGT lebih baik daripada hasil belajar siswa yang menggunakan model STAD pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kutowinangun en_US
dc.publisher Matematika/FKIP en_US
dc.subject TGT (Teams Games Tournament), STAD (Student Team Achievement Division), hasil belajar en_US
dc.title EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KUTOWINANGUN MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR TAHUN PELAJARAN 2011/ 2012 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account