Abstract:
Minat beli ulang dapat ditimbulkan dengan berbagai cara. Salah satu cara
untuk dapat menimbulkan minat beli ulang adalah (1) brand experience yang
positif terhadap merek, (2) memberikan pengetahuan merek (brand knowledge)
yang cukup kepada konsumen dan (3) iklan (advertising) yang menarik. Ketika
ketiga hal tersebut dikelola dengan baik, maka konsumen akan melakukan
pembelian kembali terhadap merek tersebut. Repurchase intention sendiri sangat
penting bagi perusahaan untuk menentukan sukses atau tidaknya sebuah produk
dipasaran, hal ini dikarenakan ketika sebuah produk diminati oleh konsumen,
maka konsumen akan melakukan pembelian kembali terhadap produk tersebut.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah brand experience, brand
knowledge dan advertising berpengaruh terhadap repurchase intention.
Populasi penelitian ini adalah pengguna produk Wardah yang ada di
Purworejo. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang ditentukan
menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan
menggunakan kuesioner. Instrumen telah diuji coba dan telah memenuhi syarat
validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Regresi
Linier Berganda.
Hasil uji regresi linier berganda yang diuji secara parsial menunjukkan
bahwa brand experience berpengaruh positif dan signifkan terhadap repurchase
intention, brand knowledge berpengaruh positif dan signifkan terhadap
repurchase intention, advertising berpengaruh positif dan signifikan terhadap
repurchase intention pada pengguna produk Wardah di Purworejo.