Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIANDANHASIL BELAJARMATEMATIKA MATERI SEGIEMPAT PADA SISWA KELAS VII B MTs NEGERI BENER

Show simple item record

dc.contributor.author Rahayu, Nuning
dc.date.accessioned 2018-02-22T07:49:44Z
dc.date.available 2018-02-22T07:49:44Z
dc.date.issued 2012
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3593
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Model pembelajaran kooperatif tipe TPS ini diterapkan pada materi bangun datar segiempat yaitu keliling dan luas segiempat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan selama 2 siklus yang masingmasing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri Bener pada siswa kelas VII B Tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan 3 metode yaitu metode observasi, metode tes dan metode angket. Setelah data terkumpul, data dianalisis dengan menggunakan rumus rerata dan persentase. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa rerata kemandirian belajar dari hasil observasi pada siklus I sebesar 54,82% dan pada siklus II sebesar 72%. Sedangkan dari hasil angket pada siklus I sebesar 68,33% dan pada siklus II sebesar 71,19%. Sedangkan rerata hasil belajar pada pra tindakan sebesar 50,75 kemudian pada siklus I sebesar 64,14 dan pada siklus II mencapai 72,29. Jumlah siswa yang mencapai KKM pada pra tindakan sebesar 2,78%, pada siklus 1 sebesar 37,14% dan pada siklus II sebesar 62,86%. Ini berarti kemandirian dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Jadi, model pembelajaran kooperatif tipe TPS ini dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa di kelas VII B MTs Negeri Bener tahun pelajaran 2011/2012 pada materi keliling dan luas segiempat. en_US
dc.publisher Matematika/FKIP en_US
dc.subject model pembelajaran kooperatif, TPS, kemandirian, hasil belajar siswa en_US
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIANDANHASIL BELAJARMATEMATIKA MATERI SEGIEMPAT PADA SISWA KELAS VII B MTs NEGERI BENER en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account