Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah minat belajar siswa
terhadap pelajaran matematika siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Ka
ranggayam Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2011/2012.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan sumber
data utama yang terdiri dari siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Karanggayam,
Kabupaten Kebumen, kemudian sumber data sekunder diperoleh mela
lui dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan
adalah purposive sampling dan snowball sampling. Validitas data dalam penelitian
ini menggunakan triangulasi sumber dan metode, sedangkan analisis datanya
menggunakan beberapa tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa SMP Negeri se-
Kecamatan Karanggayam terhadap mata pelajaran matematika hanya sebatas kebu
tuhan akan manfaat matematika dalam kehidupan sehari-hari tanpa harus melalui
proses untuk bisa. Proses tersebut berupa indikator-indikator yang berada pada unsur
perhatian dan unsur kemauan. Mereka mempelajari matematika hanya sebatas
menjalankan kewajiban yang diberikan sekolah. Kalau misalnya boleh memilih
mereka tidak akan memilih pelajaran matematika.