Abstract:
Ditengah ketatnya persaingan industri ritel, harga menjadi perhatian utama
dalam memenangkan persaingan pasar. Lokasi yang strategis merupakan salah
satu faktor selanjutnya yang penting dalam bisnis ritel. Lokasi juga menjadi
pertimbangan bagi konsumen dalam mengambil keputusan pembelian. Jika
pembelian yang dilakukan mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan, maka di
masa mendatang konsumen akan melakukan pembelian ulang, bahkan lebih jauh
lagi, konsumen akan menyampaikan rekomendasi kepada orang lain. Sehingga
terbentuklah pelanggan yang memiliki loyalitas. Oleh sebab itu, Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan lokasi terhadap loyalitas
konsumen melalui keputusan pembelian.
Populasi pada penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja (membeli)
di Alfamart Ngandong yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti. Sampel
penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling
sebanyak 100 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diisi
sendiri oleh responden berdasarkan persepsinya yang berkaitan dengan harga
produk, lokasi toko, keputusan pembelian, dan loyalitas konsumen. Berdasarkan
uji instrument, butir pernyataan dalam kuesioner terbukti valid dan reliabel.
Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis jalur. Hasil analisis
data menunjukkan bahwa harga produk dan lokasi toko berpengaruh positif
terhadap loyalitas konsumen melalui keputusan pembelian, sehingga seluruh
hipotesis yang diajukan dapat diterima.