Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) penerapan pembelajaran menulis
puisi dengan metode sugesti imajinasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 33 Purworejo,
(2) pengaruh metode sugesti imajinasi dalam menulis puisi pada siswa kelas VII SMP
Negeri 33 Purworejo, (3) peningkatan kemampuan siswa kelas VII SMP Nengeri 33
Purworejo dalam menulis puisi setelah menggunakan pembelajaran dengan metode
sugesti imajinasi .
Penelitan ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) subjek penelitian ini
adalah siswa kelas VIIG SMP Negeri 33 Purworejo tahun ajaran 2012/2013 dengan
jumlah 34 siswa Dengan Penelitian pembelajaran menulis puisi menggunakan metode
sugesti imajinasi . Dalam pengumpulan data digunakan teknik tes dan nontes. Data yang
dianalisis mengunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Data dianalisis dengan analisis
deskripsi teknik persentase dan teknik penyajian data digunakan analisis informal.
Setelahdilaksanakanpenelitianpembelajarandenganmetodesugestiimajinasi
erjadipeningkatanpresentasipembelajarandanmotivasisiswadalammenulispuisipadasiswak
elas VIIG SMP 33 Purworejo. (1) Langkah-langkah yang ditempuh pada pembelajaran
menulis puisi antara lain a) menyajikan materi hakakat puisi dan metode sugesti imajinasi
b) guru memutarkan lagu untuk merangsang imajinasi c) insteruksikan siswa untuk
membangun khayalan visual mereka sendiri dengan sugesti lagu yang diputarkan d)
instruksikan kepada siswa utuk mengigat khayalan yang mereka dapat dengan membuat
catatan kecil e) insteruksikan siswa untuk membentuk kelompok kecil f) insteruksikan
siswa untuk menulis puisi dengan khayalan yang mereka dapat dengan kata-kata yang
tepat atau yang mengandung nilai keindahan dari lagu tersebut .(2) Pengaruh metode
sugesti imajinasi terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran menulis puisi
mengalami peningkatan degan aspek antusias ketika pembelajaran, keaktifan , interaksi,
tangung jawab pada pra siklus memperoleh skor 13,8 dan mengalami peningkatan pada
sikus I yaitu 16,5 dan pada siklus dua 18,53 .(3) Metode sugesti imajinasi terbukti dapat
meningkatkan kemampuan menulis puisi. Peningkatan kemampuan menulis puisi
diketahui dari hasil siklus I dan siklus II. Nilai rata-rata pada prasiklus sebesar 68,69
termasuk kedalam katagori belum memenuhi KKM yakni 70,00, sedangkan nilai rata-rata
yang diperoleh pada siklus I 74,29 berada pada katagori cukup. peningkatan pada prasiklus
sampai siklus I meningkat 5,6 poin, sedangkan peningkatan pada siklus I sampai
dengan siklus II sebesar 7,75 poin dengan rata–rata pada siklus II 82,04 .