Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN METODE SUGESTI IMAJINASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 33 PURWOREJO TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Purwanto, Arif Joko
dc.date.accessioned 2018-02-22T08:44:38Z
dc.date.available 2018-02-22T08:44:38Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3603
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) penerapan pembelajaran menulis puisi dengan metode sugesti imajinasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 33 Purworejo, (2) pengaruh metode sugesti imajinasi dalam menulis puisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 33 Purworejo, (3) peningkatan kemampuan siswa kelas VII SMP Nengeri 33 Purworejo dalam menulis puisi setelah menggunakan pembelajaran dengan metode sugesti imajinasi . Penelitan ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIG SMP Negeri 33 Purworejo tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah 34 siswa Dengan Penelitian pembelajaran menulis puisi menggunakan metode sugesti imajinasi . Dalam pengumpulan data digunakan teknik tes dan nontes. Data yang dianalisis mengunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Data dianalisis dengan analisis deskripsi teknik persentase dan teknik penyajian data digunakan analisis informal. Setelahdilaksanakanpenelitianpembelajarandenganmetodesugestiimajinasi erjadipeningkatanpresentasipembelajarandanmotivasisiswadalammenulispuisipadasiswak elas VIIG SMP 33 Purworejo. (1) Langkah-langkah yang ditempuh pada pembelajaran menulis puisi antara lain a) menyajikan materi hakakat puisi dan metode sugesti imajinasi b) guru memutarkan lagu untuk merangsang imajinasi c) insteruksikan siswa untuk membangun khayalan visual mereka sendiri dengan sugesti lagu yang diputarkan d) instruksikan kepada siswa utuk mengigat khayalan yang mereka dapat dengan membuat catatan kecil e) insteruksikan siswa untuk membentuk kelompok kecil f) insteruksikan siswa untuk menulis puisi dengan khayalan yang mereka dapat dengan kata-kata yang tepat atau yang mengandung nilai keindahan dari lagu tersebut .(2) Pengaruh metode sugesti imajinasi terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran menulis puisi mengalami peningkatan degan aspek antusias ketika pembelajaran, keaktifan , interaksi, tangung jawab pada pra siklus memperoleh skor 13,8 dan mengalami peningkatan pada sikus I yaitu 16,5 dan pada siklus dua 18,53 .(3) Metode sugesti imajinasi terbukti dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi. Peningkatan kemampuan menulis puisi diketahui dari hasil siklus I dan siklus II. Nilai rata-rata pada prasiklus sebesar 68,69 termasuk kedalam katagori belum memenuhi KKM yakni 70,00, sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I 74,29 berada pada katagori cukup. peningkatan pada prasiklus sampai siklus I meningkat 5,6 poin, sedangkan peningkatan pada siklus I sampai dengan siklus II sebesar 7,75 poin dengan rata–rata pada siklus II 82,04 . en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject peningkatan ketrampilan , menulis puisi , metode sugesti imajinasi en_US
dc.title PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN METODE SUGESTI IMAJINASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 33 PURWOREJO TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account