Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN RUBRIK PENGETAHUANMAJALAH RINDANG PADA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI BENER PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Show simple item record

dc.contributor.author Muttoharoh
dc.date.accessioned 2018-02-22T08:48:11Z
dc.date.available 2018-02-22T08:48:11Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3604
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan penggunaan rubrik Pengetahuan majalah Rindang dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VIII MTs Negeri Bener Purworejo; (2) pengaruh penggunaan rubrik Pengetahuan majalah Rindang terhadap perubahan sikap dan perilaku siswa kelas VIII MTs Negeri Bener Purworejo dalam pembelajaran puisi; (3) peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran menggunakan rubrik Pengetahuan majalah Rindang dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VIII MTs Negeri Bener Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri Bener Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 34 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pada tiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Tenik tes berupa tes menulis puisi, sedangkan teknik nontes berupa angket, lembar observasi, wawancara, jurnal, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Keberhasilan yang diperoleh peserta didik berdasarkan dua kriteria, yaitu proses dan produk. Penerapan pembelajaran menulis puisi menggunakan rubrik Pengetahauan majalah Rindang pada siklus I dan siklus II yang terdiri dari tiga tahap, yaitu (1) tahap pertama, siswa diberi tugas untuk membaca rubrik Pengetahuan, (2) pada tahap kedua, siswa menentukan tema hasil membaca, menentukan kata kunci sebagai bahan penulisan puisi dan menentukan judul sesuai tema bacaan, dan (3) pada tahap ketiga,siswa mengembangkan judul puisi menjadi sebuah puisi dengan menggunakan pilihan kata, rima, dan majas yang tepat. Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada kualitas proses pembelajaran setelah menggunakan rubrik Pengetahuan majalah Rindang. Peningkatan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII MTs Negeri Bener dapat diketahui dari nilai rata-rata pada prasiklus, siklus I, dan siklus II. Nilai rata-rata pada pratindakan hanya 64,9, pada tindakan siklus I nilai rata-rata yang diperoleh menjadi 70,61. Hasil prasiklus sampai siklus I mengalami peningkatan sebesar 5,716. Selanjutnya pada siklus II, nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 76,76 dengan kata lain mengalami peningkatan sebesar 6,146. Jadi, total peningkatan dari prasiklus sampai siklus II adalah 11,862. Dengan demikian, menggunakan rubrik Pengetahuan majalah Rindang dalam pembelajaran menulis puisi dapat meningkatkan minat belajar dan prestasi siswa kelas VIII MTs Negeri Bener Purworejo. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject menulis puisi, rubrik Pengetahuan majalah Rindang en_US
dc.title PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN RUBRIK PENGETAHUANMAJALAH RINDANG PADA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI BENER PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account