dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan penggunaan rubrik
Pengetahuan majalah Rindang dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VIII
MTs Negeri Bener Purworejo; (2) pengaruh penggunaan rubrik Pengetahuan majalah
Rindang terhadap perubahan sikap dan perilaku siswa kelas VIII MTs Negeri Bener
Purworejo dalam pembelajaran puisi; (3) peningkatan prestasi belajar siswa setelah
diterapkannya pembelajaran menggunakan rubrik Pengetahuan majalah Rindang dalam
pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VIII MTs Negeri Bener Purworejo.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas VIII MTs Negeri Bener Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 34
siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pada tiap siklus melalui tahap perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes
dan nontes. Tenik tes berupa tes menulis puisi, sedangkan teknik nontes berupa angket,
lembar observasi, wawancara, jurnal, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data
menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Keberhasilan yang diperoleh peserta didik
berdasarkan dua kriteria, yaitu proses dan produk.
Penerapan pembelajaran menulis puisi menggunakan rubrik Pengetahauan majalah
Rindang pada siklus I dan siklus II yang terdiri dari tiga tahap, yaitu (1) tahap pertama,
siswa diberi tugas untuk membaca rubrik Pengetahuan, (2) pada tahap kedua, siswa
menentukan tema hasil membaca, menentukan kata kunci sebagai bahan penulisan puisi
dan menentukan judul sesuai tema bacaan, dan (3) pada tahap ketiga,siswa
mengembangkan judul puisi menjadi sebuah puisi dengan menggunakan pilihan kata,
rima, dan majas yang tepat. Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan adanya
peningkatan pada kualitas proses pembelajaran setelah menggunakan rubrik Pengetahuan
majalah Rindang. Peningkatan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII MTs
Negeri Bener dapat diketahui dari nilai rata-rata pada prasiklus, siklus I, dan siklus II.
Nilai rata-rata pada pratindakan hanya 64,9, pada tindakan siklus I nilai rata-rata yang
diperoleh menjadi 70,61. Hasil prasiklus sampai siklus I mengalami peningkatan sebesar
5,716. Selanjutnya pada siklus II, nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 76,76 dengan
kata lain mengalami peningkatan sebesar 6,146. Jadi, total peningkatan dari prasiklus
sampai siklus II adalah 11,862. Dengan demikian, menggunakan rubrik Pengetahuan
majalah Rindang dalam pembelajaran menulis puisi dapat meningkatkan minat belajar
dan prestasi siswa kelas VIII MTs Negeri Bener Purworejo. |
en_US |