Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah: (1) peningkatan kualitas proses pembelajaran
menulis paragraf narasi menggunakan media gambar berseri pada siswa kelas XI
Akuntansi 1 SMK Tamtama Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014; (2)
peningkatan prestasi keterampilan menulis paragraf narasi dengan menggunakan
media gambar berseri yang dicapai siswa kelas XI Akuntansi 1 SMK Tamtama
Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas berupa penelitian
kolaboratif dengan pihak lain untuk menciptakan kinerja guru yang lebih baik.
Peneltian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap
yaitu: (1) tahap perencanaan; (2) tahap pelaksanaan; (3) tahap pengamatan; (4)
tahap refleksi. Teknik validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah:
(1) triangulasi sumber data; (2) tringulasi metode; dan (3) reviu informan. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan nontes.
Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif dan kuantitatif.
Dalam penyajian hasil analisis digunakan teknik informal.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat peneliti simpulkan bahwa: (1) pada
prasiklus, siklus I, dan siklus II kualitas proses meningkat. Pada prasiklus, siswa
masih kurang tertarik mengikuti proses pembelajaran. Pada siklus I, siswa sudah
mulai tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan media
gambar berseri. Pada siklus II, siswa lebih tertarik dan merasa senang dalam
mengikuti pembelajaran menulis paragraf narasi dengan menggunakan media
gambar berseri. Menulis paragraf narasi dengan menggunakan media gambar
berseri mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa seperti keseriusan siswa
dalam proses pembelajaran, keseriusan siswa saat menulis paragraf narasi, dan
antusias siswa saat menulis paragraf narasi; (2) prestasi keterampilan menulis
paragraf narasi pada prasiklus, siklus I, siklus II, terjadi peningkatan. Pada
prasiklus nilai rata-rata menulis paragraf narasi masih rendah, yaitu 59,40. Pada
siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat, yaitu 69,92. Pada siklus II, nilai rata-rata
kelas meningkat lagi mencapai 76,04. Berdasarkan hasil penilaian dapat dikatakan
bahwa siswa sudah mampu menulis paragraf narasi dengan baik sesuai dengan
kriteria yang ditetapkan.