Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF NARASI MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS XI SMK TAMTAMA KARANGANYAR TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Saputri, Istiana Ita
dc.date.accessioned 2018-02-22T09:04:36Z
dc.date.available 2018-02-22T09:04:36Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3608
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah: (1) peningkatan kualitas proses pembelajaran menulis paragraf narasi menggunakan media gambar berseri pada siswa kelas XI Akuntansi 1 SMK Tamtama Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014; (2) peningkatan prestasi keterampilan menulis paragraf narasi dengan menggunakan media gambar berseri yang dicapai siswa kelas XI Akuntansi 1 SMK Tamtama Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas berupa penelitian kolaboratif dengan pihak lain untuk menciptakan kinerja guru yang lebih baik. Peneltian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: (1) tahap perencanaan; (2) tahap pelaksanaan; (3) tahap pengamatan; (4) tahap refleksi. Teknik validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) triangulasi sumber data; (2) tringulasi metode; dan (3) reviu informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan nontes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif dan kuantitatif. Dalam penyajian hasil analisis digunakan teknik informal. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat peneliti simpulkan bahwa: (1) pada prasiklus, siklus I, dan siklus II kualitas proses meningkat. Pada prasiklus, siswa masih kurang tertarik mengikuti proses pembelajaran. Pada siklus I, siswa sudah mulai tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan media gambar berseri. Pada siklus II, siswa lebih tertarik dan merasa senang dalam mengikuti pembelajaran menulis paragraf narasi dengan menggunakan media gambar berseri. Menulis paragraf narasi dengan menggunakan media gambar berseri mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa seperti keseriusan siswa dalam proses pembelajaran, keseriusan siswa saat menulis paragraf narasi, dan antusias siswa saat menulis paragraf narasi; (2) prestasi keterampilan menulis paragraf narasi pada prasiklus, siklus I, siklus II, terjadi peningkatan. Pada prasiklus nilai rata-rata menulis paragraf narasi masih rendah, yaitu 59,40. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat, yaitu 69,92. Pada siklus II, nilai rata-rata kelas meningkat lagi mencapai 76,04. Berdasarkan hasil penilaian dapat dikatakan bahwa siswa sudah mampu menulis paragraf narasi dengan baik sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject keterampilan menulis, paragraf narasi, media gambar berseri. en_US
dc.title PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF NARASI MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS XI SMK TAMTAMA KARANGANYAR TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account