Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI EKSPOSITORIS MENGGUNAKAN METODE OUTDOOR STUDY PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH 2 WONOSOBO TAHUN AJARAN 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Prasetyo
dc.date.accessioned 2018-02-22T09:08:08Z
dc.date.available 2018-02-22T09:08:08Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3609
dc.description.abstract Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X akuntansi dan guru Bahasa Indonesia SMK Muhammadiyah 2 Wonosobo tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Sebelum pelaksanaan siklus, penulis terlebih dahulu melaksanakan tahap prasiklus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Teknik tes untuk mengukur peningkatan keterampilan menulis deskripsi ekspositoris siswa, sedangkan teknik nontes digunakan untuk mengukur sikap dan minat siswa. Dalam analisis data, digunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Teknik kuantitatif digunakan untuk menghitung hasil menulis deskripsi ekspositoris siswa. Teknik kualitatif digunakan untuk menganalisis hasil pengamatan, wawancara, dan kuisioner. Hasil penelitian ini terdiri dari tiga. Pertama, pembelajaran menggunakan metode Outdoor Study pada siklus I dan II terdiri dari beberapa tahap. Tahapan yang dilakukan oleh siswa, yaitu: keluar kelas, menentukan ide atau bahan yang akan dijadikan objek, pengamatan secara cermat dan terperinci, mengumpulkan data atau informasi yang menunjang objek, mengolah dalam pemikiran, informasi mengenai objek dan informasi lain dituangkan dalam bentuk deskripsi ekspositoris utuh, dan kembali ke kelas untuk rehat sejenak dan mengumpulkan hasil pekerjaannya. Kedua, sikap dan minat siswa SMK Muhammdiyah 2 Wonosobo setelah mengikuti pembelajaran dengan metode Outdoor Study mengalami perubahan ke arah positif yang dibuktikan dengan siswa yang siap mengikuti pelajaran sebesar 88,88%, respon siswa pada saat apersepsi sebesar 66,66%, siswa yang serius mendeskripsikan objek pada saat Outdoor Study sebesar 88,88%, dan siswa tidak ramai dan tidak mengganggu temannya pada saat Outdoor Study sebesar 77,77%. Sementara itu, berdasarkan hasil lembar kuisioner siswa, minat siswa dengan metode Outdoor Study sebesar 100%. Ketiga, nilai rata-rata tes menulis karangan deskripsi prasiklus sebesar 65,77 dan tingkat ketuntasan sebesar 11,11%. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat mencapai 77,66 dengan ketuntasan 66,66% dan termasuk dalam kategori baik. Pada siklus II, nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan sebesar 79,22 dengan ketuntasan mencapai 100%. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject Menulis, Deskripsi Ekspositoris, Metode Outdoor Study en_US
dc.title PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI EKSPOSITORIS MENGGUNAKAN METODE OUTDOOR STUDY PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH 2 WONOSOBO TAHUN AJARAN 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account