Abstract:
Penelitian ini bertujuan: (1) penerapan metode NHT dalam pembelajaran
menulis pantun pada siswa kelas VII SMP Negeri I Kuwarasan tahun pelajaran
2013/2014; (2) pengaruh penggunaan metode NHT terhadap aktivitas dan minat
dalam pembelajaran menulis pantun pada siswa kelas VII SMP Negeri I Kuwarasan
tahun pelajaran 2013/2014; (3) peningkatan kemampuan menulis pantun pada siswa
kelas VII SMP Negeri I Kuwarasan tahun pelajaran 2013/2014 setelah mendapatkan
pembelajaran dengan metode NHT.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas empat
komponen, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik
pengumpulan data diperoleh dari teknik tes dan nontes. Teknik tes terdiri atas
kemampuan menulis pantun dari tahap prasiklus sampai siklus II. Teknik nontes
terdiri atas observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data
dilakukan dengan kuantitatif dan kualitatif. Dalam penyajian hasil analisis data
digunakan teknik informal.
Hasil penelitian ini (1) penerapan pembelajaran keterampilan menulis
pantun menggunakan metode NHT untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa
dilakukan dalam tiga tahap, yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Secara umum
langkah-langkah pembelajaran menulis pantun metode pembelajaran NHT adalah (a)
penomoran, (b) pemberian tugas, (c) berpikir bersama, dan (d) pemberian jawaban;
(2) hasil angket tanggapan siswa setelah pembelajaran menulis pantun dengan metode
NHT diketahui jawaban paling dominan setuju, yaitu dengan skor 96,12%; (3)
pembelajaran dengan menggunakan metode NHT dapat meningkatkan hasil belajar
siswa pada siswa kelas VII H SMP Negeri 1 Kuwarasan. Nilai rata-rata prasiklus
58,56, pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 68,43 dan pada siklus II
meningkat menjadi 78,3