dc.description.abstract |
menggunakan proportional random sampling. Pengambilan data menggunakan skala likert yang sudah diujicobakan validitas dan reliabilitasnya. Dari 50 item soal untuk kecerdasan emosional (X1), 5 item gugur karena tidak memenuhi syarat. dan dari 40 item soal untuk Minat belajar (X2), 3 item gugur.
Hasil analisi deskriptif menunjukkan bahwa prestasi belajar siwa kelas X SMA N 1 Klirong Kabupaten Kebumen; 27,46% tergolong baik sekali, 62,68% tergolong baik, 8,45% tergolong cukup, dan 1,41% tergolong kurang. Berdasarkan korelasi partial menunjukan bahwa; (1) kecerdasan emosional memberikan sumbangan 5,56% (r 0,236; sig < 0,05) terhadap pestasi belajar bahasa Jawa siswa kelas X SMA N 1 Klirong Kabupaten Kebumen tahun ajaran 2013/1014; (2) minat belajar memberikan sumbangan sebesar 10,36% (r 0,322; sig < 0,05) terhadap pestasi belajar bahasa Jawa siswa kelas X SMA N 1 Klirong Kabupaten Kebumen tahun ajaran 2013/1014; (3) hasil regresi ganda mengungkapkan ada sumbangan yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara kecerdasan emosional dan minat belajar sebesar 25,9% ( 0,259; F 23,826; sig < 0,05) terhadap prestasi belajar bahasa Jawa siswa kelas X SMA N 1 Klirong Kabupaten Kebumen tahun ajaran 2013/1014. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara umum prestasi belajar bahasa Jawa kelas X SMA N 1 Klirong Kabupaten Kebumen temasuk kategori baik. Terdapat sumbangan yang berarti, baik secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri dari kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap prestasi belajar bahasa Jawa siswa kelas X SMA N 1 Klirong Kabupaten Kebumen. |
en_US |