Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kreativitas belajar
terhadap hasil belajar Bahasa Jawa pada siswa kelas VII; (2) pengaruh cara belajar
terhadap hasil belajar Bahasa Jawa pada siswa kelas VII; dan (3) pengaruh
kreativitas dan cara belajar terhadap hasil belajar Bahasa Jawa pada siswa kelas
VII.
Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto survei dengan rancangan
deskriptif korelasional. Respondennya 45 siswa kelas VII MTs Roudlotush
Sholihin Jemur Kebumen pada tahun pelajaran 2015/2016 yang diambil dengan
total sampling. Teknik pengumpulan data kreativitas belajar dan cara belajar siswa
dengan kuesioner yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya,
sedangkan data hasil belajar Bahasa Jawa menggunakan teknik dokumentasi raport
semester semester 1 tahun pelajaran 2015/2016. Analisis datanya menggunakan
regresi linear ganda, yang sebelumnya telah dilakukan uji prasyarat analisis meliputi
uji normalitas, heterokedastisitas, dan multikolinearitas.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) kreativitas belajar berpengaruh signifikan
terhadap hasil belajar Bahasa Jawa pada siswa kelas VII dengan nilai signifikansi
0,00; (2) cara belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Bahasa Jawa
pada siswa kelas VII dengan nilai signifikansi 0,01; (3) kreativitas belajar dan cara
belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Bahasa Jawa pada siswa kelas
VII dengan nilai signifikansi 0,00