dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran keterampilan berbicara dengan unggah-ungguhBahasa Jawa melalui metode bermain peran (Role Playing)pada siswa kelas XI SMA Islam Sudirman KaliangkrikKabupaten Magelang; (2) hasil belajar siswa dalam pembelajaran keterampilan berbicara dengan unggah-ungguhBahasa Jawa melalui metode bermain peran (Role Playing)pada siswa kelas XI SMA Islam Sudirman KaliangkrikKabupaten Magelang.
Penelitian ini merupakan tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua silkus. Tiap silkus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI dan guru SMA Islam Sudirman KaliangkrikKabupaten Magelang. Objek penelitian adalah aktivitas siswa dalam pembelajaran berbicara dengan unggah-ungguhBahasa Jawa dan hasil belajar siswa berupa keterampilan berbicara Bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, angket dan dokumentasi.
Hasil analisis data yang telah dikemukakan, (1) hasil pengamatan aktivitas siswa pada tahap prasilkus dan silkus Inilai rata- rata dari 54 menjadi 63,2 terjadi peningkatan sebesar 9,2, dan pada silkus II meningkat menjadi 78, dengan peningkatan pada silkus I ke silkus II sebesar 14,8. Sedangkan dari prasilkus ke silkus II terjadi meningkat sebesar 24 dari nilai rata-rata prasilkus sebesar 54 ke 78. Hasil belajar siswa pada prasilkus memiliki ketuntasan sebesar 53,4%, terjadi peningkata pada silkus I menjadi 86,7%. Sedangkan pada silkus II terjadi ketuntasan 100%. Dengan begitu antara prasilkus ke silkus I mengalami peningkatan sebasar 33,3%. Ketuntasan silkus I ke silkus II yaitu 13,3 %, hal ini menunjukkan bahwa metode bermain peran (Role Playing) dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran berbicara dengan unggah-ungguh Bahasa Jawa |
en_US |