Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN UNGGAH-UNGGUH BAHASA JAWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING)PADA SISWA KELAS XI SMA ISLAM SUDIRMAN KALIANGKRIK KABUPATEN MAGELANG

Show simple item record

dc.contributor.author Ashudi
dc.date.accessioned 2018-02-23T07:32:08Z
dc.date.available 2018-02-23T07:32:08Z
dc.date.issued 2015
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3624
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran keterampilan berbicara dengan unggah-ungguhBahasa Jawa melalui metode bermain peran (Role Playing)pada siswa kelas XI SMA Islam Sudirman KaliangkrikKabupaten Magelang; (2) hasil belajar siswa dalam pembelajaran keterampilan berbicara dengan unggah-ungguhBahasa Jawa melalui metode bermain peran (Role Playing)pada siswa kelas XI SMA Islam Sudirman KaliangkrikKabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua silkus. Tiap silkus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI dan guru SMA Islam Sudirman KaliangkrikKabupaten Magelang. Objek penelitian adalah aktivitas siswa dalam pembelajaran berbicara dengan unggah-ungguhBahasa Jawa dan hasil belajar siswa berupa keterampilan berbicara Bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, angket dan dokumentasi. Hasil analisis data yang telah dikemukakan, (1) hasil pengamatan aktivitas siswa pada tahap prasilkus dan silkus Inilai rata- rata dari 54 menjadi 63,2 terjadi peningkatan sebesar 9,2, dan pada silkus II meningkat menjadi 78, dengan peningkatan pada silkus I ke silkus II sebesar 14,8. Sedangkan dari prasilkus ke silkus II terjadi meningkat sebesar 24 dari nilai rata-rata prasilkus sebesar 54 ke 78. Hasil belajar siswa pada prasilkus memiliki ketuntasan sebesar 53,4%, terjadi peningkata pada silkus I menjadi 86,7%. Sedangkan pada silkus II terjadi ketuntasan 100%. Dengan begitu antara prasilkus ke silkus I mengalami peningkatan sebasar 33,3%. Ketuntasan silkus I ke silkus II yaitu 13,3 %, hal ini menunjukkan bahwa metode bermain peran (Role Playing) dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran berbicara dengan unggah-ungguh Bahasa Jawa en_US
dc.publisher Pend. Bhs Jawa en_US
dc.subject Berbicara, Unggah-Ungguh Bahasa Jawa, Bermain Peran (Role Playing) en_US
dc.title UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN UNGGAH-UNGGUH BAHASA JAWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING)PADA SISWA KELAS XI SMA ISLAM SUDIRMAN KALIANGKRIK KABUPATEN MAGELANG en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account