Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) peningkatan keterampilan
menulis cerkak pada siswa kelas X1 MAN Purworejo tahun ajaran 2012-2013
setelah memperoleh pembelajaran keterampilan menulis cerkak dengan media
film; (2) perubahan sikap belajar siswa kelas X1 MAN Purworejo tahun ajaran
2012-2013 setelah mengikuti pembelajaran menulis cerkak dengan media film.
Subjek penelitian pada penelitian ini adalah kelas X1 MAN Purworejo
berjumlah 30 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain menurut Kemmis dan Mc Teggart
yaitu dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan,
pengamatan, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes.
Alat yang digunakan dalam pengambilan data berupa film, pedoman pengamatan,
dan dokumentasi.
Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa menulis cerkak dengan media
film mampu meningkatkan keterampilan menulis cerkak pada siswa kelas X1
MAN Purworejo tahun ajaran 2012-2013 dan merubah belajar siswa kelas X1
MAN Purworejo tahun ajaran 2012-2013. Rata-rata nilai keterampilan menulis
cerkak dengan media film pada prasiklus sebesar 56,67 termasuk katagori kurang,
rata-rata nilai siklus I mencapai 65,5 termasuk kategori cukup, dan rata-rata nilai
siklus II mencapai 78,67 termasuk dalam kategori baik, sehingga peningkatan
nilai keterampilan menulis cerkak pada prasiklus ke siklus I adalah 9,83, siklus I
ke siklus II adalah 13,17, prasiklus ke siklus II adalah 23. Hasil pengamatan siklus
I 16,66% siswa bersikap belajar yang positif, pada siklus II meningkat menjadi
80% siswa sudah bersikap belajar yang positif.