dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran
menulis puisi/ geguritan kelas IX A SMP Muhammadiyah Bagelen dengan
menggunakan teknik gali kunci; dan mengetahui peningkatan prestasi siswa kelas
IX A SMP Muhammadiyah Bagelen dalam pembelajaran apresiasi puisi dengan
menggunakan teknik gali kunci. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1)
(2) bagaimana langkah – langkah pembelajaran menulis geguritan kelas XI A
SMP Muhammadiyah Bagelen dengan teknik gali kunci? bagaimana peningkatan
prestasi siswa kelas IX A SMP Muhammadiyah Bagelen dalam menulis geguritan
dengan teknik gali kunci?
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Model yang digunakan
dari Kemnis &Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX A dan guru
SMP Muhammadiyah Bagelen Purworejo. Jumlah siswa 20 orang dengan rincian
siswa laki-laki berjumlah 11 dan siswa perempuan 9. Objek dari penelitian ini
adalah hasil tes kemampuan menulis geguritan dan langkah– langkah menulis
geguritan menggunakan teknik gali kunci. Instrumen yang digunakan adalah soal
tes, lembar observasi, angket, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis
data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini adalah pedoman pengamatan, catatan lapangan,
penugasan dan dokumentasi.
Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Langkah- langkah pembelajaran
menulis geguritan dengan teknik gali kunci dilaksanakan dalam III siklus yang
meliputi perencanaan, implementasi tindakan, pemantauan dan refleksi. (2)
Peningkatan prestasi menulis geguritan siswa pada siklus I nilai rata-ratanya 73
telah mengalami peningkatan sebesar 7,5 % dari nilai rata – rata prasiklus 65,5,
pada siklus II nilai rata-ratanya 80,5 siswa mengalami peningkatan dalam menulis
geguritan sebesar 7,5% dan siklus III nilai rata-ratanya 80,6% mengalami
peningkatan sebesar 0,1 %. Hal ini menujukkan bahwa pembelajaran menulis
geguritan dengan teknik gali kunci dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. |
en_US |