Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

UPAYA MENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS GEGURITAN DENGAN TEKNIK GALI KUNCI SISWA KELAS IX DI SMP MUHAMMADIYAH BAGELEN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Show simple item record

dc.contributor.author Marlianasari, Eki
dc.date.accessioned 2018-02-23T07:41:39Z
dc.date.available 2018-02-23T07:41:39Z
dc.date.issued 2012
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3636
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran menulis puisi/ geguritan kelas IX A SMP Muhammadiyah Bagelen dengan menggunakan teknik gali kunci; dan mengetahui peningkatan prestasi siswa kelas IX A SMP Muhammadiyah Bagelen dalam pembelajaran apresiasi puisi dengan menggunakan teknik gali kunci. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) (2) bagaimana langkah – langkah pembelajaran menulis geguritan kelas XI A SMP Muhammadiyah Bagelen dengan teknik gali kunci? bagaimana peningkatan prestasi siswa kelas IX A SMP Muhammadiyah Bagelen dalam menulis geguritan dengan teknik gali kunci? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Model yang digunakan dari Kemnis &Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX A dan guru SMP Muhammadiyah Bagelen Purworejo. Jumlah siswa 20 orang dengan rincian siswa laki-laki berjumlah 11 dan siswa perempuan 9. Objek dari penelitian ini adalah hasil tes kemampuan menulis geguritan dan langkah– langkah menulis geguritan menggunakan teknik gali kunci. Instrumen yang digunakan adalah soal tes, lembar observasi, angket, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pedoman pengamatan, catatan lapangan, penugasan dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Langkah- langkah pembelajaran menulis geguritan dengan teknik gali kunci dilaksanakan dalam III siklus yang meliputi perencanaan, implementasi tindakan, pemantauan dan refleksi. (2) Peningkatan prestasi menulis geguritan siswa pada siklus I nilai rata-ratanya 73 telah mengalami peningkatan sebesar 7,5 % dari nilai rata – rata prasiklus 65,5, pada siklus II nilai rata-ratanya 80,5 siswa mengalami peningkatan dalam menulis geguritan sebesar 7,5% dan siklus III nilai rata-ratanya 80,6% mengalami peningkatan sebesar 0,1 %. Hal ini menujukkan bahwa pembelajaran menulis geguritan dengan teknik gali kunci dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. en_US
dc.publisher Bahasa Jawa-FKIP en_US
dc.subject geguritan, gali kunci en_US
dc.title UPAYA MENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS GEGURITAN DENGAN TEKNIK GALI KUNCI SISWA KELAS IX DI SMP MUHAMMADIYAH BAGELEN TAHUN PELAJARAN 2012/2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account