Abstract:
Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan pengaruh metode
demonstrasi terhadap aktivitas belajar membaca dongeng; (2) mendeskripsikan
pengaruh metode demonstrasi terhadap peningkatan kemampuan membaca dongeng
siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus
yang masing-masing siklus melalui tahap-tahap perencanaan, tindakan, pengamatan,
dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Purworejo
tahun pelajaran 2012/2013. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, angket,
pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa teknik analisis
data kualitatif dan kuantitatif. Keabsahan data diperoleh dari tanya jawab dan triangulasi
data.
Hasil penelitian yang diperoleh, pembelajaran menggunakan metode
demonstrasi mempengaruhi aktivitas belajar siswa. Hasil tersebut diperoleh dari angket,
pengamatan, dan wawancara terhadap siswa. Setelah metode demonstrasi dilakukan,
pembelajaran mengalami perubahan ke arah yang positif yaitu suasana belajar yang
menyenangkan, siswa lebih berani dibanding sebelum adanya tindakan. Hasil analisis
data penelitian ini terlihat bahwa ada peningkatan kemampuan membaca dongeng
setelah dilaksanakannya pembelajaran dengan metode demonstrasi setiap aspeknya
yaitu aspek ketepatan lafal/ pengucapan; ketepatan intonasi; komunikasi mata; mimik/
ekspresi wajah dan penghayatan; dan pemahaman terhadap isi dongeng . Peningkatan
ini dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata pretes sebesar 64,25, nilai rata-rata siklus I
sebesar 69,63, dan nilai rata-rata pada siklus II mencapai 73,75. Jadi, jumlah
perbandingan nilai rata-rata dari prasiklus sampai dengan siklus II mencapai 9,50