Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Bagaimanakah proses
pembelajaran Learning Cycle 7e berbantuan Microsoft Mouse Mischief dalam
mata kuliah Statistika Matematika, 2) adakah hubungan antara kemampuan
metakognitif dan kemampuan kognitif mahasiswa pada pembelajaran learning
cycle 7e berbantuan Microsoft mouse mischief. Penelitian ini merupakan
penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa
semester IV program studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah
Purworejo.Pengambilan sampel dilakukan secara acak.Sehingga diperoleh
sampel penelitian berjumlah 26 mahasiswa yaitu mahasiswa IVC program studi
pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo.Untuk
pengambilan data metakognitif menggunakan angket/kuesioner, sedang data
kognitif menggunakan tes kognitif pada materi satatistika
matematika.Datakemampuan metakognitif dan kemampuan kognitif dianalisis
menggunakan uji regresi sederhana menggunakan SPSS untuk mengetahui
hubungan antara keduanya. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa ada
hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan metakognitif dengan
kemampuan kognitif mahasiswa melalui pembelajaran learning cycle 7e
berbantuan Microsoft mouse mischief.
Kata kunci: kemampuan metakognitif, kemampuan kognitif, pembelajaran
learning cycle 7e berbantuan Microsoft mouse mischief.