dc.description.abstract |
Sistem pendidikan nasional yang mengukur tingkat kecerdasan anak
didik yang hanya menekankan kemampuan logika dan bahasa p
erlu
direvisi. Kecerdasan intelektual tidak hanya mencakup dua parameter
tersebut, tetapi juga harus dilihat dari aspek kinestetis, musikal,
visual
-
spatial, interpersonal, intrapersonal, dan naturalis. Oleh karena
itu, pengembangan teks materi pembelajaran
multiple intelligences
mensyaratkan beberapa hal dalam pengembangan teks. (1)
Penggunaan teks dalam pembelajaran harus mendorong peserta didik
untuk beraktivitas dan juga
harus memiliki keberagam tanggapan
dengan pertanyaan yang bervariasi sehingga memb
uat anak tidak
merasa terbebani. (2)
Teks bahan pembelajaran hendaknya disusun
dengan optimalisasi modalitas belajar dengan menyajikan teks yang
berbentuk verbal maupun nonverbal secara bervariasi. (3) Teks
pembelajaran hendaknya memiliki makna dan manfaat
bagi peserta
didik, sehingga mereka akan menyadari bahan yang mereka pelajari
berguna bagi hidupnya. (4)
Pendidik harus meyakini bahwa teks
145
pembelajaran yang disampaikannya akan membawa perubahan dalam
kehidupan pesertia diiddik yang diajarnya, sehingga
me |
en_US |