Abstract:
Uraian Ciptaan
KECERDASAN MAJEMUK
Beorientasi pada Partisipasi Peserta Didik
Buku ini ditujukan kepada para pendidik mulai dari sekolah menengah hingga perguruan tinggi yang menaruh perhatian pada sistem pembelajaran yang dapat membantu peserta didik (siswa dan mahasiswa) pada prestasi menulis karya ilmiah. Sistem pembelajaran kecerdasan majemuk yang berorientasi pada peserta didik (KMP) yang dijabarkan dalam buku ini memungkinkan bagi peserta didik yang kesulitan menulis karya ilmiah maupun yang terbiasa menulis dengan mudah untuk menyadari potensi mereka.
KMP adalah sebuah system belajar yang didasarkan pada filosofi kegiatan pembe;ajaran yang memungkinkan intensitas saling belajar yang tinggi di antara peserta didik. Intensitas saling belajar akan tinggi apabila peserta didik melakukan kegiatan belajar tidak sendiri-sendiri melainkan belajar bersama peserta didik lainnya yang memiliki kebutuhan dan pekedulian yang sama.
KMP dirancang sebagai model pembelajaran dengan intensitas saling belajar yang tinggi, sesuai dengan nurani manusia yang selalu haus tentang makna, juga mampu memuaskan kebutuhan otak untuk mengaitkan informasi baru dengan pengetahuan yang sudah ada. Selain itu, KMP sesuai dengan cara kerja alat paling penting milik manusia tetapi belum dioptimalkan pemakaiannya yaitu semua kecerdasan yang dimiliki manusia.
Buku ini disusun menjadi dua bagian dengan fokus masing-masing bab yang berbeda-beda. Bagian I (Kerangka Umum) mendeskripsi pertimbangan rasional dan landasan model pembelajaran KMP, konsep dan aplikasi model KMP, hakikat model KMP, karya ilmiah, dan penilaiannya. Bagian II (Model dan Praktik) menyajikan hakikat model pembelajaran dan klasifikasinya, keefektifan model serta rancangan pembelajaran menulis karya ilmiah dengan model KMP.