Abstract:
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan siswa kelas XI SMK Batik Perbaik
Purworejo dalam memproduksi teks eksplanasi, yang secara khusus tercermin dalam
kemampuan (1) menentukan topik dan tujuan menulis, (2) menyusun kerangka teks eksplanasi,
dan (3) mengembangkan dan menyunting karangan. Metode yang diggunakan adalah metode
penelitian kualitatif dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan. Rancangan
penelitian disusun dalam satuan siklus dengan sistem berulang. Setiap siklusnya berisi aktivitas
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dengan penerapan teknik menulis-total
gaya SAVI, kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi menjadi meningkat. Peningkatan
kemampuan tersebut tercermin pada hasil rerata tugas proses pembelajaran (TPP) dan tugas
mandiri (TM) yang diperoleh siswa. Hasil TPP dan TM dari siklus ke siklus semakin meningkat.
Rerata hasil TPP siklus 1 sebesar 73 %, dibandingkan dengan rerata hasil tes diagnostik
terdapat peningkatan sebesar 17% (73%-56%). Rerata hasil TPP siklus 2 sebesar 85%
dibandingkan dengan rerata hasil TPP siklus 1 terdapat peningkatan 12% (85%-73%). Rerata
hasil TM pun meningkatan. Rerata hasil TM siklus 1 sebesar 69% , jika dibandingkan dengan
hasil tes diagnostik terdapat peningkatan sebesar 15% (69%-54%). Rerata hasil TM siklus 2
sebesar 80% dibandingkan dengan rerata hasil TM siklus 1 terdapat peningkatan sebesar 11%
(80%-69%). Dengan demikian, penerapan menulis-total gaya SAVI sebagai upaya peningkatan
kemampun siswa dalam menulis pada siswa kelas XI SMK Batik Perbaik Purworejo terbukti
efektif. Di samping itu, tampak bahwa pembelajaran dengan penerapan menulis-total gaya SAVI
dapat meningkatkan prestasi belajar siswa karena dapat mengoptimalkan aktivitas guru dan
siswa. Hal itu dibuktikan dengan angket respon siswa yang menyatakan mereka senang belajar
dengan menulis-total gaya SAVI.
Kata Kunci: teks eksplanasi; menulis-total gaya SAVI