Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

TEKNIK MENULIS-TOTAL GAYA SAVI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS XI SMK

Show simple item record

dc.contributor.author Sholeh, Khabib
dc.date.accessioned 2018-11-22T02:27:02Z
dc.date.available 2018-11-22T02:27:02Z
dc.date.issued 2017-08
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/4035
dc.description.abstract Abstrak Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan siswa kelas XI SMK Batik Perbaik Purworejo dalam memproduksi teks eksplanasi, yang secara khusus tercermin dalam kemampuan (1) menentukan topik dan tujuan menulis, (2) menyusun kerangka teks eksplanasi, dan (3) mengembangkan dan menyunting karangan. Metode yang diggunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan. Rancangan penelitian disusun dalam satuan siklus dengan sistem berulang. Setiap siklusnya berisi aktivitas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dengan penerapan teknik menulis-total gaya SAVI, kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi menjadi meningkat. Peningkatan kemampuan tersebut tercermin pada hasil rerata tugas proses pembelajaran (TPP) dan tugas mandiri (TM) yang diperoleh siswa. Hasil TPP dan TM dari siklus ke siklus semakin meningkat. Rerata hasil TPP siklus 1 sebesar 73 %, dibandingkan dengan rerata hasil tes diagnostik terdapat peningkatan sebesar 17% (73%-56%). Rerata hasil TPP siklus 2 sebesar 85% dibandingkan dengan rerata hasil TPP siklus 1 terdapat peningkatan 12% (85%-73%). Rerata hasil TM pun meningkatan. Rerata hasil TM siklus 1 sebesar 69% , jika dibandingkan dengan hasil tes diagnostik terdapat peningkatan sebesar 15% (69%-54%). Rerata hasil TM siklus 2 sebesar 80% dibandingkan dengan rerata hasil TM siklus 1 terdapat peningkatan sebesar 11% (80%-69%). Dengan demikian, penerapan menulis-total gaya SAVI sebagai upaya peningkatan kemampun siswa dalam menulis pada siswa kelas XI SMK Batik Perbaik Purworejo terbukti efektif. Di samping itu, tampak bahwa pembelajaran dengan penerapan menulis-total gaya SAVI dapat meningkatkan prestasi belajar siswa karena dapat mengoptimalkan aktivitas guru dan siswa. Hal itu dibuktikan dengan angket respon siswa yang menyatakan mereka senang belajar dengan menulis-total gaya SAVI. Kata Kunci: teks eksplanasi; menulis-total gaya SAVI en_US
dc.publisher Sosiohumaniora en_US
dc.relation.ispartofseries Vol.3, No.2, Agustus 2017;
dc.subject Kata Kunci: teks eksplanasi; menulis-total gaya SAVI en_US
dc.title TEKNIK MENULIS-TOTAL GAYA SAVI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS XI SMK en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account