Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

TEKNIK MIND MAPPING SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN PADA SISWA SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Sholeh, Khabib
dc.date.accessioned 2018-11-23T02:19:04Z
dc.date.available 2018-11-23T02:19:04Z
dc.date.issued 2015-12
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/4041
dc.description.abstract Abstrak Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsi (1) proses peningkatan keterampilan menulis cerpen melalui teknik Mind Mapping. khususnya dalam aspek: perhatian, gairah belajar, keaktifan, motivasi; (2) tingkat keberhasilan keterampilan menulis cerpen melalui teknik Mind Mapping khususnya dalam aspek: kebaruan tema dan kandungan makna, kekuatan imajinasi, kebaruan dan kekuatan tokoh, kebaruan dan kekuatan alur, (e) kesatupaduan, kelancaran bercerita, keefektifan stile, respon afektif guru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan. Rancangan penelitian disusun dalam satuan siklus dengan sistem berulang. Setiap siklusnya berisi aktivitas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Permasalahan dalam pembelajaran menulis cerpen berangsur-angsur dapat diatasi dengan penerapan teknik pembelajaran Mind Mapping. Siswa menjadi lebih aktif bertanya dan berdiskusi selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Siswa juga lebih bergairah dalam mengerjakan tugas dan menulis cerpen dengan sungguh-sungguh. Berdasarkan hasil pretes diketahui bahwa nilai rata-rata menulis cerpen masih rendah yaitu 69,92 dengan tingkat ketuntasan klasikal 22,66%. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat yaitu 77,08 dengan ketuntasan klasikal mencapai 73,33%. Pada siklus II, nilai rata-rata mencapai 79,82 dengan ketuntasan klasikal mencapai 100%. Pada akhir siklus II, nilai siswa dinyatakan memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Meskipun ada beberapa siswa yang mendapatkan nilai 75. Berdasarkan tindakan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis cerpen; penggunaan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis cerpen. en_US
dc.publisher Jurnal Pendidikan Surya Edukasi en_US
dc.relation.ispartofseries Vol: 1, No: 1, Desember 2015;
dc.subject Kata Kunci: keterampilan menulis cerpen, Maind Mapping en_US
dc.title TEKNIK MIND MAPPING SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN PADA SISWA SMA en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account